PENGARUH SIKAP KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS MEREK SHAMPO SUNSILK PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA

Jayanti Reike, Herning Indriastuti, Suharno Suharno

Abstract


Jayanti Reike, 2018 The Influence of Consumer Attitudes on Brand Loyalty Sunsilk Shampoo (Case Study on Student of Economics and Business Faculty of Mulawarman University of Samarinda), under the guidance of Prof.Dr.Suharno, SE., MM and Mrs. Dr. Herning Indriastuti, SE., MM.

               Aims to examine whether Consumer Attitudes have a positive and significant effect on Brand Loyalty Shampo Sunsilk.The independent variables in this study are cognitive, affective, and conative.While the dependent variable is Brand Loyalty.Research was conducted on Student Faculty of Economics and Business Mulawarman University of Samarinda, which consists of 150 respondents.

               This study is quantitative.The data collection by kuisoner by testing consumer attitudes consisting of Cognitive, Affective, and conative attitudes with Brand Loyalty Data analysis using multiple linear regression.This study results in the variables of cognitive, affective , and Konatif owns a character uh that is positive and significant to Brand Loyalty.


Keywords


Cognitive, Affective, Connective and Brand Loyalty

References


Azwar, Saifuddin. (2005). Sikap Manusia, Teori, dan pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Azizah dan Ami widyastuti. (2013). Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dengan Loyalitas Merek Pada Pengguna Kartu Prabayar Simpati. Jurnal Volume 9 nomor 1, juni 2013.

A.Manossoh, L.Mananeke, A.S Soegoto. (2015). Analisis Perbandingan Sikap Konsumen Terhadap Penggunaan Produk Shampoo Clear dan Shampoo Pantene di Winangun. jurnal Manajemen Pemasaran,Vol 3.

Aaker, David A. (2015). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.

Dharmesta. (2008). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi kedua, Liberty, Yogyakarta.

Dhiastuti Fitri, Santoso. (2010). Studi Tentang Loyalitas Merek (Kasus Pada Shampo Sunsilk di Kota Semarang).

Dinarti , Manurung. (2010). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Pada Pengguna Kartu Prabayar Simpati. (Skripsi).

Estrada Agung, Antariksa. (2010). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Handphone Merek Nokia dan Siemens. (Skripsi)

Endi, Sarwoko dan Madziatul. (2015). Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Merek Aqua. Jurnal Ekonomi Modernisasi,Vol 3.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Edisi ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Giddens. (2002). Costumer Loyalty: Dwi Kartika Jaya. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga.

Gommans, M. (2001). Loyalitas Merek: Jurnal Ekonomi, Vol 3.

Gede, Riana. (2008). “Pengaruh Trust Brand Terhadap Loyalty Brand”. Buletin Studi Ekonomi.

Jati Kumoro, Sasongko. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Merek Terhadap Produk Indosat Im3. (Skripsi).

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. (2004). Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, PT.Indeks, Jakarta.

Loudon, David dan J. Della Bitta. (2004). Consumere Behavior : Concept and Applications. Edition. Newyork: MC. Graw Hill.

Martin D, dan Semuel.Gher (2011).Jurnal Produk dan Manajemen merek, vol 16.

Pasaribu, Pasri. (2012). Pengaruh Sikap Konsumen Tentang Penerapan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Loyalitas Konsumen Pasta Gigi Pepsodent Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. (skripsi).

Rahman, Andi. (2011).Analisis Sikap Konsumen Voucher Elektrik M-Kios Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman di Samarinda. (Skripsi).

Rusniati, (2014). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Minuman Teh Kemasan Karton Merek Teh Kotak. Jurnal Intekna, no 1.

Sutisna,(2002). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran,Bandung: Roskarya

Soehartono, Irawan. (2001). Metode Penelitian Sosial, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarwan, Ujang. (2002). “Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen”. Cetakan kedua. Gramedia. Pustaka Utama, Jakarta.

Setiadi Nugroho J. (2003). Perilaku Konsumen, konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Bogor: Kencana.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta.

Simamora, Bilson. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman dan Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta. Pretince Hall.

Suryani, Tatik. (2008). Perilaku Konsumen: implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

Triawan, Sunu (2010). Hubungan Antara Sikap dan Keputusan Membeli Produk Lokal Pada Konsumen. (Skripsi)

Vivi Maisyarah dan Liasta Ginting. (2011). Analisis Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Usu. Jurnal Manajemen.

Wawan, A dan Dewi, M. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika

Wahyu Y.T Badro Sari, dkk. (2010). “Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek”. Jurnal Pemasaran.

Widiyanto, Ibnu (2008). Poiters Metodologi Penelitian. Semarang.

Yulianti, Eka. (2010). Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Shampo Pantene di Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara. (Skripsi).

Sumber : SWA, 2011 (di akses pada tanggal 20 September 2016)

Sumber : Frontier Consulting Group (di akses pada tanggal 20 September 2016)

Sumber: www.topbrand-award.com (di akses pada tanggal 20 September 2016)




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.5108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com