PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN PEMBERSIH WAJAH BIORE PADA MAHASISWA FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA

Muammar Kadafi, Syarifah Hudayah, Saidah Zainurossalamia Z.A

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian produk sabun pembersih wajah biore pada mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Mulawarman Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsuung pada responden yang berjumlah 90 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan SPSS sebagai alat hitungnya.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor motivasi, faktor persepsi, faktor pembelajaran tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan faktor sikap memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian

 


 


Keywords


Kata Kunci : Motivasi, persepsi, pembelajaran, keputusan pembelian.

References


DAFTAR PUSTAKA

Amir, M. Taufiq, 2005, Dinamika Pemasaran: Jelajah & Rasakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hawkins, D.I dan Mothersbaugh, D.I, 2010, Consumer Behaviour: Building Marketing Strategy. 11 th edition. McGraw-Hill, Irwin.

Mangkunegara, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosadakarya.

Prasetijo, Ristiyantidan John Ilhaluw, 2005, Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Andi.

Rangkuti, Fredy, 2011, Riset Pemasaran, Cetakan ke-10, Jakarta: Gramedia.

Setiadi, Nugroho J, 2008, Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta: Kencana.

Sujarweni, Wiratna, 2014, Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami, Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Sutisna, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas, Jakarta: Indeks.

Swastha, Basu dan Irawan, 2008, Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.5057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com