PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN PEMBERSIH WAJAH BIORE PADA MAHASISWA FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA

Authors

  • Muammar Kadafi FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  • Syarifah Hudayah fakultas ekonomi dan bisnis unmul
  • Saidah Zainurossalamia Z.A fakultas ekonomi dan bisnis

DOI:

https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.5057

Keywords:

Kata Kunci, Motivasi, persepsi, pembelajaran, keputusan pembelian.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian produk sabun pembersih wajah biore pada mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Mulawarman Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsuung pada responden yang berjumlah 90 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan SPSS sebagai alat hitungnya.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor motivasi, faktor persepsi, faktor pembelajaran tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan faktor sikap memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian

 


 

References

DAFTAR PUSTAKA

Amir, M. Taufiq, 2005, Dinamika Pemasaran: Jelajah & Rasakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hawkins, D.I dan Mothersbaugh, D.I, 2010, Consumer Behaviour: Building Marketing Strategy. 11 th edition. McGraw-Hill, Irwin.

Mangkunegara, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosadakarya.

Prasetijo, Ristiyantidan John Ilhaluw, 2005, Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Andi.

Rangkuti, Fredy, 2011, Riset Pemasaran, Cetakan ke-10, Jakarta: Gramedia.

Setiadi, Nugroho J, 2008, Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta: Kencana.

Sujarweni, Wiratna, 2014, Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami, Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Sutisna, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas, Jakarta: Indeks.

Swastha, Basu dan Irawan, 2008, Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Published

2019-11-16

Issue

Section

Articles