PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA UPTD. BALAI KESEHATAN MATA DAN OLAHRAGA MASYARAKAT SAMARINDA

ade indra saputra, Tetra Hidayati, Gusti Noorlitaria

Abstract


Ade Indra Saputra, 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompetensi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada UPTD. Balai Kesehatan Mata dan Olahraga Masyarakat Samarinda. Pembimbing I Dr. Tetra Hidayati, SE., M.Si dan  Pembimbing II Dr. Gusti Noorlitaria A, SE., MM.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja, kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada UPTD. Balai Kesehatan Mata dan Olahraga Masyarakat Samarinda. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 49 responden dari semua populasi yang merupakan karyawan UPTD. Balai Kesehatan Mata dan Olahraga Masyarakat Samarinda.

Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukan bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulakan bahwa dari ketiga variabel tersebut mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

Keywords


lingkungan kerja, kompetensi, disiplin kerja dan kinerja karyawan



DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.4982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com