MODEL PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT PADA KARYAWAN PT. BUNGA TERATAI SAMARINDA

taufiqur rahman, Djoko Setyadi, Doddy Adhimursandi

Abstract


Taufiqur Rahman. Model Pemberian Reward dan Punishment pada Karyawan PT Bunga Teratai Samarinda. Dibimbing oleh: Djoko Setyadi dan Doddy Adhimursandi.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti model pemberian penghargaan dan hukuman pada karyawan PT Bunga Teratai Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bagaimana penerapan pemberian penghargaan dan hukuman di PT Bunga Teratai Samarinda, dan bagaimana persepsi karyawan terhadap penerapan pemberian penghargaan dan hukuman yang ada di PT Bunga Teratai Samarinda.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara sebagai media penggalian informasi. Wawancara dilakukan kepada dua orang petinggi yang ada di PT Bunga Teratai Samarinda untuk mengetahui model penerapan penghargaan dan hukuman pada karyawan PT Bunga Teratai Samarinda. Juga dilakukan wawancara kepada dua orang karyawan untuk mengetahui bagaimana persepsi karyawan terhadap penerapan pemberian penghargaan dan hukuman yang ada di PT Bunga Teratai Samarinda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pemberian penghargaan kepada karyawan PT Bunga Teratai lakukan dengan baik melalui bonus, pujian dan promosi. Dan juga pemberian hukuman kepada karyawan PT Bunga Teratai telah dilakukan dengan baik melalui teguran lisan dan tertulis, pemotongan gaji serta pemutusan hubungan kerja. Adapun respon karyawan terhadap penerapan pemberian penghargaan dan hukuman terbilang sangat positif. Tidak ditemukan masalah ketidakadilan dalam penerapan pemberian penghargaan dan hukuman di PT Bunga Teratai Samarinda.

Keywords


Reward, Punishment



DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.4896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com