Analisis Reaksi Pasar Modal Indonesia Sebelum dan Sesudah Peristiwa Politik Pilkada Jakarta Putaran Kedua 2017 (Study Event Pada Kelompok Saham LQ-45 di Bursa Efek Indonesia)

ayu Dini Febriani, Ardi Paminto, Justina Ade Judiarni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan rata-rata abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua pada saham anggota indeks LQ-45. Penelitian ini menggunakan metode analisis studi peristiwa (event study). Periode penelitian yang digunakan adalah 6 hari bursa, meliputi 3 hari sebelum peristiwa dan 3 hari sesudah peristiwa Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua. Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji One Sample t-test, dan uji beda Paired Sample t-tes. Hasil uji One Sample t-test menunjukkan bahwa terdapat abnormal return bernilai negatif signifikan pada satu hari di sekitar tanggal peristiwa, yang berarti bahwa pasar bereaksi terhadap peristiwa tersebut, namun hanya bersifat sesaat dan tidak berkepanjangan. Sedangkan hasil uji beda Paired Sample t-tes menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Average Abnormal Return (AAR) sebelum dan sesudah peristiwa politik Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua. Dan begitu pun dengan hasil dari uji beda Paired Sample t-test terhadap Average Trading Volume Activity (ATVA) sekitar peristiwa tersebut.  

       


Keywords


Pasar Modal, Studi Peristiwa, Abnormal Return, Trading Volume Activity

References


DAFTAR PUSTAKA

Aini, Niswah Qurrotul. 2015. Abnormal Return dan Trading Volume Activity Sebagai Ukuran Reaksi Pasar Modal (Studi Kasus Pada PenguatanTertinggi Dolar US Terhadap Rupiah Tahun 2015 Pada Saham-Saham LQ-45). Malang: Universitas Brawijaya.

Bialkowski, Jedrzej, Gottchalk, Katrin, Wisniewski, Tomasz Piotr. 2006. Stock Market Volatility Around National Elections. Auckland University Of Technology.

Bursa Efek Indonesia, diakses pada tanggal 26 Juni 2018melalui: http://www.idx.co.id/

Effendi, Mahmud. 2015. DampakPerubahan Lot Size Policy dan Tick Size Policy Terhadap Fluktuasi Reaksi Investor Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia. Malang: Universitas Brawijaya.

Fanni, Christian Martha. 2013. Reaksi Pasar Modal Terhadap BencanaBanjir Jakarta Tahun 2013 (Event Study Pada Saham Perusahaan Asuransi Yang Listing Di BEI). Malang: Universitas Brawijaya.

Jogiyanto. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi 3. Yogyakarta: BPFE.

________, H.M. 2015. Studi Peristiwa: Menguji Reaksi Pasar Modal Akibat Suatu Peristiwa. Yogyakarta: BPFE.

Mari’a, Hilda ‘Asla. 2016. Reaksi Pasar Modal Indonesia Terhadap Peristiwa Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Malang: Universitas Brawijaya.

Maria Qifthiyah Alkaff. 2010. Pengaruh Pemilihan Presiden RI Tahun 2009 Terhadap Harga Saham Dan Volume PerdaganganSaham Perusahaan di Bursa Efek Indonesia (Event Study Pada Saham Anggota JII). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Natarsyah S. 2000. Analisis Pengaruh Beberapa Faktor Fundamental dan Resiko Sistematik terhadap Harga Saham (Kasus Industri Barang Konsumsi yang Go Public di Pasar Modal Indonesia). JurnalEkonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 15, No. 3. Hal: 294312

Pamungkas, Aryo.2015. PengaruhPemilu Presiden Indonesia Tahun 2014 Terhadap Abnormal Return dan Trading Volume Actity (Studi pada perusahaan yang tercatat sebgai anggota indeks kompas100). Malang: Universitas Brawijaya.

Syaputra, Kamilia. 2016. Reaksi Pasar Saham Di Beberapa Bursa Efek Asean Terhadap Peristiwa Britain To Exit (Brexit) di Eropa (Studi pada Indeks saham Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand).Skripsi Sarjana, FakultasEkonomi dan Bisnis Universitas Lampung (UNILA), Lampung. Diakses pada tanggal 18 Juni 2018 melalui http://digilib.unila.ac.id

Tentang Bursa Efek Indonesia, diakses pada tanggal 5 Juni 2018 melalui: http://www.idx.co.id/idid/beranda/tentangbei/sejarah.aspx

Trensosial Gubernur DKI Jakarta, diakses tanggal 5 Juni 2018 melalui http://www.bbc.com/idonesia/majalah/201 6/09/160920_trensosial_gubernur_jakarta)

Undang-Undang Republik Indonesia No 8 Tahun 1995, LN No. 64 Tahun 1995, TLN No. 3608 tentang Pasar Modal Undang-UndangNomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia.

Zaqi, Mochamad. 2006. Reaksi Pasar Modal Indonesia Terhadap Peristiwa Peristiwa Ekonomi dan Peristiwa-Peristiwa Sosial Politik Dalam Negeri (Studi pada Saham LQ-45 BEJ Periode 1999-2003). Tesis Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.4864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com