PENGARUH NILAI BELANJA HEDONIS DAN EMOSI POSITIF TERHADAP IMPULSE BUYING PADA RAMAYANA DEPARTMENT STORE SAMARINDA CENTRAL PLAZA SAMARINDA

Indra Kurniawan, Pamasang Siburian, Saida Zainurossalamia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Nilai Belanja Hedonis (1) dan Emosi Positif (2) terhadap Impulse Buying pada Ramayana Department Store Samarinda Central Plaza Samarinda. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda untuk mengumpulkan data.

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor nilai belanja hedonis dan emosi positif secara simultan atau masing-masing mempunyai pengaruh terhadap impulse buying pada Ramayana Department Store Samarinda Central Plaza Samarinda.


Keywords


Nilai Belanja Hedonis, Emosi Positif, Impulse Buying

References


Abdolvand, M. A., Hanzaee, H. K., Rahnama, A. dan Khospanjeh, M. 2011. The effects of situational and individual factor on impulse buying. World Applied Sciences Journal, 13(9).

Batra, R., dan Ahtola, O.L. 1991. Measuring the Hedonic and Utilitarian Sources of Consumer Atitudes. Marketing Letters.

Laros, F.J.M dan Steenkamp, J.B.E.M. 2005. Pengaruh Konsumsi Hedonis dan Emosi Positif Terhadap Perilaku Pembelian Impulse Pada Swalayan Alfa di Kota Ambon Juli 2014. Benchmark. Vol.2, No.3.

Blythe, J. 2005. Essentials of Marketing. England: Pearson Education Limited.

Dharma, L.A., dan Japarinto. 2014. Analisa Pengaruh Hedonic Shopping Value terhadap Impulse Buying dengan Shopping Lifestyle dan Positive Emotion sebagai variable Intervening pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.8 8, No.2, Oktober 2014.

Ghozali, Imam. 2002. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro,.

Japarianto, E. dan Sugiharto, S. 2011. Pengaruh shopping life style dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior masyarakat high income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 6, No. 1

Kim, H.S. 2006. Using Hedonic and Utilitarian Shopping Motivation to Profile Inner City Consumers. Journal of Shopping Center Research, 13 (1).

Mowen dan Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Paul, Peter, J. dan Olson, Jerry C. 2006. Consumer behavior: Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Paul, Peter, J. dan Olson Jerry C. 2008. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Park, E. J., Kim, E. Y.. and Forney, J. C. 2006. A structural model of fashion oriented impulse buying behavior. Journal of Fashion Marketing and Management, 10(4).

Riduwan dan Akdon. 2006. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung.: Alfabeta.

Swastha, Basu. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: PT. Indeks

Sugiyono. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2009, Metodologi Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Subagio, H. 2011. Pengaruh Atribut Supermarket terhadap Motif Belanja Hedonik Motif Belanja Utilitarian dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6 (1)

Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Utami, Christina Widhya. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.

Yistiani. 2012. Pengaruh Atmosfer Gerai dan Pelayanan Ritel Terhadap Nilai Hedonik dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari Department Store Dutra Plaza di Denpasar, Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 6 No. 2.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.4828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com