Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Guardian Cabang Big Mall Samarinda

Swietenia Dwi Salsabila, Saida Zainurossalamia, Asnawati Asnawati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh retail mix terhadap keputusan pembelian konsumen yang membeli produk di gerai Guardian Big Mall Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Lokasi Gerai, Pelayanan, Merchandise, Harga, Promosi dan Atmosfer Gerai. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang pernah membeli produk di gerai Guardian Big Mall Samarinda minimal 1 kali dengan menggunakan sampel responden 110 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS Versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan pada variabel Lokasi Gerai, Pelayanan, Merchandise, Harga, Promosi dan Atmosfer Gerai berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

 

Kata Kunci: Retail Mix, Keputusan Pembelian

ABSTRACT

The purpose of this study was to examine the effect of retail mix on consumer purchasing decisions that purchase products at the Guardian Big Mall Samarinda outlet. The independent variables in this study are Store Locations, Services, Merchandise, Prices, Promotions and Atmospheric Outlets. While the dependent variable in this study is the Purchasing Decision. This research was conducted on consumers who have purchased products at the Guardian Big Mall Samarinda outlets at least 1 time using a sample of 110 respondents. The sampling technique in this study using purposive sampling technique with data collection methods using a questionnaire. Data processing method in this study uses multiple linear regression with SPSS Version 23 application. The results of this study indicate that outlets, services, merchandise, prices, promotions and atmospheric location variables have a significant positive effect on purchasing decisions.

Keywords: Retail Mix, Purchase Decision


References


Achidah, Nur., Warso, M Mukery dan Hasiolan, Leonardo Budi. 2016. Pengaruh Promosi, Harga, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT (Study Empiris pada Produk Yamaha Mio GT di Weleri-Kendal). Abstracts Journal of Management Volume 2 Number 2.

Adji, Pricilia dan Subagio, Hartono. 2013. Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa UK Petra di Circle K Siwalankerto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Volume 1 Nomor 2: 6.

Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Autami, Ni Luh Made Manasaputri Sri dan Suasana, I Gusti Agung Ketut Gede. 2015. Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Gerai Chatime. Abstrak E-Jurnal Manajemen Unud Volume 4 Nomor 11: 3882-3908.

Databoks. 2017. Berapa Jumlah Gerai Hero Supermarket Grup?. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/11/06/berapa-jumlah-gerai-hero-supermarket-grup, diakses tanggal 10 April 2018.

Evelina, Nela., DW, Handoyo dan Listyorini, Sari. 2012. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi Kasus pada Konsumen Telkomflexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Abstracts Diponegoro Journal of Social and Politic: 1-11.

Fadly. 2014. Pengaruh Retailing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Minimarket Eramart di Kota Samarinda). Abstrak eJournal Administrasi Bisnis (2): 173-186.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Foster. 2008. Strategi Manajemen Pemasaran Ritel, Terjemahan Utami. Penerbit Indeks. Jakarta.

Hariadi, Doni dan Martoatmodjo, Soebari. 2012. Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Projector Microvision. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 1 Nomor 8: 7-8.

Hasan, Ali dan Setiyaningtiyas, Niken Widiati. 2015. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Pada Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Desa Wisata Nglanggerang GunungKidul. Jurnal Media Wisata, Volume 13 Nomor 1 Sekolah Tinggi Parawisata AMPTA Yogyakarta.

Herawati, Arvinia., Pradhanawati, Ari dan Dewi, Reni Shinta. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan pada Konsumen Alfamart di Kecamatan Tembalang Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic: 3.

Karwur, Ericha. 2016. Pengaruh Retail Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret Paniki. Abstrak Jurnal Bekala Ilmiah Efisiensi Volume 16 Nomor 3: 196-206.

Kotler, Philip dan Kevin Lance Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta.

Naderian, A. 2012. Study of Store Image Attributes Effect on Customer Satisfaction Among Malaysian Customers. International Journal of Maketing & Business Communication, Vol. 1 pp1-10.

Salim, Wira dan Subagio, Hartono. 2013. Analisa Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Kampoeng Roti Nginden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Volume 1 Nomor 2: 5.

Sopiah dan Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Sugiyono, 2010. Metodologi Penelitian Administrasi. CV.Alfabeta. Bandung.

________. 2013. Metode Penelitian Manajemen. CV.Alfabeta. Bandung.

Sunarto. 2007. Manajemen Ritel. Penerbit Amus. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel, Edisi 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Weenas, Jackson R.S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Abstrak Jurnal Emba Volume 1 Nomor 4: 607-618.

Walukow, Agnes Ligia Pratisitia., Mananeke, Lisbeth dan Sepang, Jantje. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa. Abstrak Jurnal Emba Volume 2 Nomor 3: 1737-1749.

Wibowo, Setyo Ferry dan Karimah, Maya Puspita. 2012. Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux (Survei pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall). Abstrak Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Volume 3 Nomor 1: 1-15.

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi; Aplikasi dengan Program SPSS Versi 20, Cetakan Pertama. Interpena. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.4818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com