Pengaruh servqual terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan restoran cepat saji (kfc) di kota samarinda cabang hasan basri

Agil Sukadri, Tetra Hidayati, Herning Indriastuti

Abstract


Agil Sukadri. Pengaruh Servqual Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Restoran Cepat Saji (KFC) di Samarinda Cabang Hasan Basri. Pembimbing : Dr. Tetra Hidayati, SE., M.Si dan Dr. Herning Indriastuti, SE., MM. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, serta kepuasan terhadap loyalitas pelanggan restoran cepat saji (KFC) di Samarinda . Sampel penelitian terdiri dari 100 orang responden. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan ukuran dari rumus Issac dan Michael. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Dari hasil analisis menunjukkan bahwa  variabel kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel Kepuasan memberikan pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen Dan variabel kualitas pelayanan juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen KFC di Samarinda. Kualitas pelayanan terbukti mempunyai pengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen makanan cepat saji KFC, artinya bahwa jika kualitas pelayanan pada KFC ditingkatkan maka akan berdampak pada meningkatnya tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dugaan adanya pengaruh antara kualitas konsumen terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen mempunyai pengaruh mampu menggambarkan asumsi konsumen terhadap KFC di Samarinda.


Keywords


servqual; loyalitas pelanggan; kepuasan pelanggan

References


Amstrong. 2003, The art of HRD: Strategic Human Resource Management a Guide to Action Manajemen Sumber Daya Manusia. Strategik Panduan Praktis untuk bertindak, alih bahasa oleh Aticahayani. Jakarta: PT Gramedia.

Bahar, T., Tamin, O.Z., Kusbiantoro B.S.,dan Frozila. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Moda Angkutan Umum Informal ( Studi Kasus Ojek Sepedamotor ). Makalah Simposium XII FSTPT. Surabaya. Universitas Kristen Petra Surabaya.

Bahar, Afriani dan Hernan Sjaharuddin. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang. Jurnal Organisasi dan Manajemen Makasar. STIE Borgaya.

Berry, L. L., Parasuraman, A., & Zeithaml, V. A. (2001). Service Quality Can Often Make The Difference Between a Business’s Success and Failure. But What Causes Problem, and What Can Business Do To Eliminate Them? The Answer Are Here. Journal of Marketing.

Cristopher Lovelock. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Kelompok Gramedia, Indeks, Indonesia.

Engel, James F., 2005. Perilaku Konsumen, Jakarta : PT Gramedia Utama.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Semarang, Badan Penerbit: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Jakarta: Bina Aksara.

Ghozali, I. 2006. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, I. 2008. Model Persamaan Structural Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16.0. Semarang. Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2009. Customer Loyality : How to Learn It, How to Keep It. Jakarta. Erlangga.

Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13, New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Lovelock, Cristopher dan Lauren K Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks, Indonesia.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta : PT Salemba Empat.

Purnadi, R. 2009. Cepat Saji Eksis di Ibukota. www.swa.co.id. 5 Oktober.

Putro, R.F.K. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Pemediasi. Surakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rangkuti, Freddy. 2008. The power of brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiharto, Yohanes. 2007. Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Makalah Usahawan Vol. XVIII. Semarang : UNIKA Soegija Pranata.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.

Surjandari, Isti dan Susetiana, Harmawan. 2009. Analisa Loyalitas Pelanggan pada Industri Airfreight Forwarder menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Proceeding Seminar Nasional Teknik Industri & Manajemen Produksi IV , Surabaya.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Andi.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi ketiga. Andi.

Yulianto, Arif. 2014. Pengaruh Kepuasan & Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pojok Kedai Satria Jagat Raya Asep Sunarya di Gonilan Sukoharjo.

Yustia, Aninda. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Pelanggan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.4780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com