Analisis Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Kepercayaan terhadap Niat Beli (Study kasus pada Pengguna situs online Lazada di Kota Samarinda)

Ana Yohana, J Kuleh, Saida Zainurossalamia ZA

Abstract


Ana Yuhana,  Analisis Persepsi Kemudahaan, Persepsi Manfaat dan Kepercayaan Terhadap Niat Beli secara online pada (Studi Kasus Pengguna situs Lazada Di Kota Samarinda). Pembimbing  Dr. J. Kuleh, SE.,M.Si dan Saida Zainurossalamia Z.A, SE., M.Si. Penelitian ini  dilakukan  dengan  tujuan  mengetahui  pengaruh  Niat Beli yang  terdiri  dari  persepsi  kemudahan  penggunaan  dan  persepsi  manfaat,  dan  kepercayaan  terhadap  niat  beli masyarakat secara online pada situs Lazada. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Penelitian  dilakukan  di  Kota  Samarinda.  Ukuran  sampel  yang  digunakan sebanyak 100  responden  dengan  metode purposive  sampling.  Pengumpulan  data melalui  penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden dan secara online. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan SPSS 23.0 for Windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis penelitian  ini  menemukan bahwa  masing-masing  variabel  berpengaruh  positif  signifikan  terhadap Niat Beli pada situs Online Lazada.

Keywords


Niat Beli, Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan terhadap Niat Beli,Online .

References


Ba, S. & Pavlou, P. A. (2002). Evidence of the effect of trust building technology in electronic markets: price premiums and buyer behaviour. MIS Quarterly. 26(3),243-268. Pengaruh Perceived Ease of Use, Enjoyment dan Trust Terhadap Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction Sebagai Intervening pada Belanja Online (Studi Pada Mahasiswa Universitas Tanjungpura Pontianak).

Cannon, Joseph P., William D. Perreault Jr. dan Jerome McCarthy. 2008. Alih Bahasa : Diana Angelica dan Ria Cahyani. Dasar-Dasar Pemasaran : Pendekatan Manajerial Global. Buku 2. Edisi 16. Salemba Empat. Jakarta.

David Baum dalam Onno W. Purbo, 2000 : 2, E-Commerce beserta implementasi

Davis, F.D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly Vol. 13 (5): 319-339.

Duwi Priyatno, 2010, Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS,Cetakan Pertama, PT. Buku Seru, Yogyakarta.

Fahmi, Irham, (2011), Manajemen Teori, Kasus, dan Solosi, ALFABETA, Bandung.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Desertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gutavsson, M dan Johansson, A. (2006). Consumer Trust in E-Commerce.http://www.diva-portal.

Harlan, Dwimastia. 2014. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada UMKM di Kota Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hartono, Jogiyanto. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi 2007. BPFE. Yogyakarta.

Jogiyanto. 2007. Sistem Teknologi Keperilakuan. Andi, Yogyakarta.

Kalakota, Ravi, Whinston, B. Andrew B. 1997. Elekronic commerce: A manager’s

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Laudon, Kenneth C., Laudon, Jane P. (1998). Management InformationSystems: New Approaches To Organization And Technology, fifth edition. Prentice-Hall, New Jersey.

Lee, C. B., & Wan, G. (2010). Including Subjective Norm and Technology Trust in the Technology Acceptance Model: A Case of E-Ticketing in China. 41(4).

Lewis, W., Agarwal, R., Sambamurthy, V. “Sources of Influence on Beliefsabout Information Technology Use: An Empirical Study of KnowledgeWorkers,”MIS Quarterly(27:4), December 2003, pp.657-678.

Mahardika R, 2014, The Influence of Brand Image and promotional Mix Toward User Repurchase Intention of Teleccommunication Provider (A Case Study of Smartfren Users in university of Brawijaya Indonesia. Faculty of Economics and Business. Malang 2014.

Mayer, R.C., Davis, J.H., & Schoorman, F.D. 1995. An Integrative Model of Organizational Trust, Academy of Management Review, 20, pp. 709-734.

Pavlou, P. A.,dan Gefen,D. (2002). Building ffective Online Marketplaces with Institution-based Trust, Proceedings of Twenty-Third International Conference on Information Systems,pp. 667-675.

Peteer, J.P., dan Olson J.C. 1999. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Keempat Terjemahan. Erlangga, Jakarta.

Priyanto, dan Batubara,L., 2008, Farmakologi Dasar, 77-78, Leskonfi, Jakarta.

Rafique, M., Rizwan, M., Batool, A., dan Aslam, F. 2014. Extending TAM, in terms of trust and attitude towards the online shopping intention. Journal of Public Administration and Governance. 4 (3): 90-108.

Saraswati, Pradhita dan Zaki Baridwan.2012.”Penerimaan Sistem E-commerce: Pengaruh Kepercayaan,Persepsi Manfaat,dan Persepsi Risiko”.Malang.

Schiffman dan Kanuk, (2007), Perilaku Konsumen dialihbahasakan oleh Zulkifli Kasip, Edisi Ketujuh, Penerbit PT. Indexs.

Sekaran, U., 2006, Research Methods for Business, a Skill -Building Approach. John Wiley & Sons, Inc. Canada.

Setiaji, Bambang, 2004. Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Surakarta: Program Pascasarjana UMS, 2004.

Spekman, Robert E.; Kamauff, John E. and Myer, Niklas 1998. An Empirical Investigation into Supply Chain Management: A Perspective on Partnership, Supply Chain Management, Vol. 3, No.2, pp. 53-67.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D

Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineke Cipta. Jakarta

Venkatesh, V. and Davis F.D. 2000. A Theoritical xtention Of The Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science Vol. 46.

Widiyanto, Ibnu. 2008. Pointers : Metodologi Penelitian. Semarang: BP Undip,Webster dan Martocchio.2002.Staples, RahayuNasution. 2004. Perceived of Use.Sistem Informasi Manajemen. Sanjaya.

Sumber lain:

https:/internetworldstats.com

https:/m.merdeka.com

https:/dailysocial.net?post/Lazada.co,




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.4770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com