PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PADA NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI KCP PAHLAWAN SAMARINDA

Rima Eka, Suharno Suharno, Asnawati Asnawati

Abstract


Rima Eka Pratiwi. Pengaruh Relationship Marketing terhadap Kepuasan pada Nasabah Bank syariah Mandiri KCP Pahlawan Samarinda, dibawah bimbingan I Prof. Suharno, dan selaku pembimbing II Ibu Asnawati.

Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan menggunakan teknik sampling Purposive sampling. Jumlah sampel yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah berjumlah 99 orang responden. Analisis data dilakukan dengan Stuktursl Equation Modelling (SEM), analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS).

Hasil Penelitian menyatakan bahwa, Financial bonds memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Pahlawan Samarinda, dapat diketahui pula bahwa financial bonds memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Pahlawan Samarinda. Social bonds memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Pahlawan Samarinda, dapat diketahui pula bahwa social bonds memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Pahlawan Samarinda. Structural bonds memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Pahlawan Samarinda, dapat diketahui pula bahwa structural bonds memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Pahlawan Samarinda

Keywords


Relationship Marketing (Financial Bonds, Social Bonds Structural Bonds), Kepuasan Pelanggan.

References


Dwiastuti, Rini, Shintariyanti Agustina, dan Isaskar, 2012, Ilmu Perilaku Konsumen, Universitas Brawijaya Press, Malang.

Ferdinand, Augusty, 2006, Metode Penelitian Manajemen (Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen), Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ikhsan, M.Adam, 2012, “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pt Bank Sulselbar”, Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Isnadi, Didik, 2005, “Analisis Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Nilai Nasabah Dan Keunggulan Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus: Pada Pt Bank Bri Kantor Cabang Pekalongan)”, Tesis, Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro, Semarang.

Istijianto, 2009, Aplikasi Praktis Riset Pemasaran (Cara Praktis meneliti konsumen dan pesaing). PT. Gramedia Pustaka. Jakarta.

Jogiyanto. 2004. Metodelogi Penelitian Bisnis, BPEF-YOGYAKARTA, Yogyakarta.

Kasmir.2010. Kewirausahaan. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane, 2009, Manajemen Pemasaran, Jilid Satu & Dua, Edisi Ketiga Belas, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Lovelock, C. 2007. Services Marketing. Australia: Prentice Hall.

Morissan, 2007, Periklanan dan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Penerbit Ramdina Prakarsa, Tangerang.

Mowen, C.John dan Minor Michael, 2002, Perilaku Konsumen, Jilid satu dan dua, Edisi Kelima, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Musowir, Abdul. 2009. Analisis Pengaruh Penerapan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank BRI Syariah Malang). Malang: Universitas Islam Negeri Malang.

Rangkuty, Fredy, 2008, Riset Pemasaran, Cetakan Ketiga, PT. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Satriawan, M. Andarisa, 2014, “Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Alat Tulis Pensil 2B Merek Faber Castell di Samarinda(Studi Kasus pada Pelajar SMAN 5 di Samarinda), Skripsi, Universitas Mulawarman Samarinda.

Setiadi, J. Nugroho, 008, Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Penerbit Prenadamedia Group, Jakarta.

Sugiharto, Yohanes. 2007. Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas. Vol. XVIII.

Swastha, Basu dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Kesebelas, Liberty Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, Chandra Yanto, dan Diana Anastasia, 2003, Marketing Scales, Edisi Pertama, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tse. Wilton., 2009. Marketing Research: An Applied Orientation, Prentice Hall, New Jersey.

Yudaruddin, Rizky, 2013, Modul Analisis Data Dengan Program SmartPLS, Fakultas Ekonomi, Universitas Mulawarman, Samarinda.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.4760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com