Analisis proses antrian multiple channel single phase di loket administrasi bpjs kesehatan samarinda

Authors

  • Rahmat Efendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman
  • Doddy Adhimursandi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda
  • Ardi Paminto Fakultas ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.4756

Keywords:

Antrian, waktu, multichannel single phase

Abstract

Tujuan dariĀ  penelitian ini adalah mengetahui Berapa rata-rata jumlah pelanggan dalam antrian dan sistem pada loket administrasi BPJS Kesehatan Samarinda, Berapa rata-rata waktu pelanggan menunggu dalam antrian dan sistem pada kantor BPJS Kesehatan Samarinda, Berapa persentase waktu menganggur petugas loket kantor BPJS Kesehatan Samarinda, Apakah jumlah loket dan petugas loket yang ada di kantor BPJS Kesehatan Samarinda sudah ideal?

References

Aminuddin. 2005. Prinsip-prinsip Riset Operasi. Erlangga. Jakarta

Arian, Wahyu D. 2009. Manajemen Operasi Jasa. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Azwar, Saifuddin. 2003. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Griffin W. Ricky. 2004. Manajemen, Edisi Ketujuh, Jilid 1. PT. Gelora Aksara Pratama. Jakarta.

Gross, D. dan Harris, C. M. 2000. Fundamental of Queuing Theory, Edisi Terjemahan. USA: MC Graw Hill. Third Edition.

Kakiay J. Thomas. 2004. Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata. Andi Offset. Yogyakarta.

Mahsun, Mohamad. 2006. Metode Penelitian Kualitatif (Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian). Sebelas Maret University Press. Surakarta.

Prabowo, Fajar dan Bodroastuti, Tri. 2012. Penentuan Jumlah Teller yang Optimal Berdasarkan Metode Antrian. Semarang: STIE Widya Manggala.

Ridhotullah Subeki dan Jauhar Mohammad. 2015. Pengantar Manajemen. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.

Siswanto. 2009.Operation Research Jilid II. PT. Gelora Aksara Pratama. Jakarta.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Management Publik. Grasindo. Jakarta.

Published

2019-11-16

Issue

Section

Articles