Analisis proses antrian multiple channel single phase di loket administrasi bpjs kesehatan samarinda
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Berapa rata-rata jumlah pelanggan dalam antrian dan sistem pada loket administrasi BPJS Kesehatan Samarinda, Berapa rata-rata waktu pelanggan menunggu dalam antrian dan sistem pada kantor BPJS Kesehatan Samarinda, Berapa persentase waktu menganggur petugas loket kantor BPJS Kesehatan Samarinda, Apakah jumlah loket dan petugas loket yang ada di kantor BPJS Kesehatan Samarinda sudah ideal?
Keywords
References
Aminuddin. 2005. Prinsip-prinsip Riset Operasi. Erlangga. Jakarta
Arian, Wahyu D. 2009. Manajemen Operasi Jasa. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Azwar, Saifuddin. 2003. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Griffin W. Ricky. 2004. Manajemen, Edisi Ketujuh, Jilid 1. PT. Gelora Aksara Pratama. Jakarta.
Gross, D. dan Harris, C. M. 2000. Fundamental of Queuing Theory, Edisi Terjemahan. USA: MC Graw Hill. Third Edition.
Kakiay J. Thomas. 2004. Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata. Andi Offset. Yogyakarta.
Mahsun, Mohamad. 2006. Metode Penelitian Kualitatif (Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian). Sebelas Maret University Press. Surakarta.
Prabowo, Fajar dan Bodroastuti, Tri. 2012. Penentuan Jumlah Teller yang Optimal Berdasarkan Metode Antrian. Semarang: STIE Widya Manggala.
Ridhotullah Subeki dan Jauhar Mohammad. 2015. Pengantar Manajemen. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.
Siswanto. 2009.Operation Research Jilid II. PT. Gelora Aksara Pratama. Jakarta.
Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Management Publik. Grasindo. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.4756
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com