Pengaruh kepercayaan, kemudahan, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian secara online pada tokopedia di samarinda

Authors

  • Benediktus Parmonangan Simangunsong Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Saida Zainurossalamia fakultas ekonomi dan bisnis universitas mulawarman, samarinda
  • Wasil Muhammad fakultas ekonomi dan bisnis universitas mulawarman, samarinda

DOI:

https://doi.org/10.29264/jimm.v4i3.4711

Keywords:

Kepercayaan, kemudahan, harga, promosi, dankeputusanpembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Membangun model yang menjelaskan proses Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Harga, dan Promosi di  Kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan pada wanita dan pria yang berusia 17 tahun ke atas dan yang telah mengakses tokopedia di Kota Samarinda. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Pada wanita dan pria yang berusia 17 tahun ke atas dan yang telah mengakses tokopedia di Kota Samarinda. Metode pegambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh merupakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepercayaan, Kemudahan, Harga, dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online pada tokopedia di kota Samarinda.

References

Aghdaie. 2011. Evaluation of the Consumers Trust Effect on Viral Marketing Acceptance Based on the Technology Acceptance Model. International Journal of Marketing Studies. Vol. 4, No. 6

Aiwan. 2013. Efektivitas Pesan Iklan Televisi Tresemme Menggunakan Customer Response Index (CRI) pada Perempuan di Surabaya. Jurnal e-Komunikasi: Universitas Kristen Petra, Surabaya. 1 (2): 298 – 307.

Andini Natasha. 2014. Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 yang melakukan pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis (Online), Vol. 11 No.1 (administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id).

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wells, Burnett dan Manarty. 2008. Promotion Mix. Repository.Widyatama. Jakarta

Sumber website :

Profil online shop tokopedia.com, diakses November 2017

Ulasan tokopedia.com, diakses November 2017

Iklan tokopedia di youtube, youtube.com/user/tokopedia, diakses Desember 2017

Investasi di tokopedia, forbes.com/sites/ryanmac/2017/12/12/softbank-and-sequoia-capital-mark-firstinvestment-in-indonesia-with-100-million-backing-of-tokopedia/ ,diakses Desember 2017

Peluang bisnis online shop, konsultaninter.net, diakses April 2018

Published

2019-09-13

Issue

Section

Articles