Pengaruh kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian online (studi pada komunitas jual beli online vape di kota samarinda)

Natalia Sulau, Suharno Suharno, Muhammad Wasil

Abstract


Abstrak,  Natalia Sulau, 2018 Pengaruh kepercayaan dan Karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian online (Bimbingan oleh Bapak Prof.Dr.Suharno, SE.,MM dan Bapak Muhammad Wasil, SE.,M.Si) Dalam tujuan penelitian ini ditujukan untuk membangun model yang menjelaskan kepercayaan  dan  karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian online pada komunitas jual beli online Vape Di Kota Samarinda. Dengan dasar teori yang digunakan manajemen pemasaran dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan menggunakan 100 responden. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan  maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut berdasarkan hasil uji parsial variabel kepercayaan  berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian pada jual beli online vape di kota samarinda karena dari nilai t hitungnya > t tabel maka Ha diterima dan menolak Ho demikian juga berdasarkan hasil uji parsial variabel karakteristik kosumen  berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan Komunitas jaul beli online vape di kota Samarinda karena dari nilai t hitungnya > t tabel maka Ha diterima dan menolak Ho.


Keywords


Kata kunci:Kepercayaan,Karakteristik Konsumen,KeputusanPembelian

References


Adi, A. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas LayananTerhadap Kepuasan Pelanggan. E-Journal Undip.

Algifari, 2010.Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi, Edisi Kedua, Penerbit BPFE UGM, Yogyakarta.

Alma, Buchari. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:Alfabeta.

Armstrong, dan Kotler 2003, Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta.

Swasta dan Hani Handoko, 2010, Manajemen Pemasaran: Analisa Dan Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta.

Ba dan Pavlou (2002) “Evidence of The Effect of Trust Building Technology in Electronic Market: Price Premiums and Buyer Behaviour”.

Chen, S. C. & Dhillon, G. S. 2003. “Interpreting Dimensions of Consumer Trust in E-Commerce, Information Technology and Management”. 4,303-318.

Engel Et Al. (2010). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam, Jilid 1. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen.Semarang: Universitas Diponegoro.

Gefen, D. (2002). Customer Loyalty in E-Commerce. J. Assoc. Inform. Systems 3 27– 51.

Hansen dan Mowen. 2009. Akuntansi Manjerial Buku 2. Edisi 8. terjemahan Oleh Denny Arnos Kwary. Jakarta: Salemba Empat.

Jia Shen (2004). Pengaruh Perceive Usefulness, Perceived Ease of Use, Tendency to Social Comparison, dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian Online.

Karsono. 2007. Peran Variabel Citra Perusahaan, Kepercayaan Dan Biaya Perpindahan Yang Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Jurnal Bisnis dan Manajemen

Kotler and Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Mc Knight dan Kacmar. (2002a). Developing and Validating Trust Measure for E-Commerce an Integrative Typology. Information System Research 13(3), 334-59.

Mowen, Michael Minor. 2002, Perilaku Konsumen (Jilid 1), Edisi Kelima Erlangga, Jakarta

Nuraini, 2009, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Si Ruma Sakit Umum Kota Sabang. Tesis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, Medan.

Pavlou dan Gefen. (2002). Building Effective Online Market Places with Institution-Based Trust, Proceedings of Twenty-Third International Conference on Information Systems, Pp 667-675.

Rangkuti, Freddy. 2007. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama

Setiadi, Nugroho J. 2003, Perilaku Konsumen. Kencana, Jakarta.

Schiffman dan Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen (Edisi 7). Jakarta: Prentice Hall.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran. Edisi Pertama. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen Di Era Internet.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Youzafzai et.all 2003 A Proposed Model of Etrust for Electronic Banking.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i3.4707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com