PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK KONVENSIONAL DENGAN BANK SYARIAH BERDASARKAN ANALISIS RASIO KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO),TBK DAN PT BANK SYARIAH MANDIRI, TBK PERIODE 2014-2016)

Deby Yolanda Putri, Djoko Setyadi, Rizky Yudarrudin

Abstract


Deby, 2012. Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Konvensional dengan Bank Syariah Berdasarkan Analisis Rasio Keuangan (studi kasus pada PT. Bank Mandiri (persero), Tbk dan PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk periode 2014-2016) dengan menggunakan rasio CAR, KAP, ROA, Current Ratio. Dibawah bimbingan Prof Djoko Setyadi selaku dosen pembimbing I dan Rizky Yudarrudin selaku dosen pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbandingan kinerja keuangan antara Bank Konvensional dan Bank Syariah Mandiri pada periode 2014-2016, dengan menggunakan Rasio Keuangan, rasio keuangan yang terdiri dari CAR, KAP, ROA, Current Ratio.

Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan publikasi pada tahun 2014-2016 yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Alat analisis yang digunakan adalah Uji T. Analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan untuk masing-masing rasio keuangan antara Bank Konvensional Mandiri dan Bank Syariah Mandiri

Keywords


CAR, KAP, ROA, Current Ratio

References


Anggraini. 2012. Analisis perbandingan kinerja keuangan perbankan syariah dengan perbankan konvensional periode 2002-2011. Mei 10-18.

Atmaja, Lukas Setia. 2008. Teori&Praktik Manajemen Keuangan. Yogyakarta:CV. Andi Offset.

Ayu, Gustina. 2015. Perbandingan kinerja keuangan PT. Bank Mandiri (persero) Tbk dengan PT. Bank Syariah Mandiri berdasarkan analisis rasio likuiditas dan rentabilitas. Tugas akhir program Diploma 3. Politeknik Negeri Medan.

Bank Indonesia, surat edaran No.3/30/DPNP Tanggal 14 Desember 2001 :Laporan keuangan publikasi Bank Umum serta laporan tertentu yang disampaikan kepada Bank Indonesia.

Bank Indonesia, surat edaran No.6/23/DNDP tanggal 31 Mei 2004 :

Sistem penilaian tingkat kesehatan Bank Umum dan Lampiran.

Bank Indonesia, suratedaranNo.13/24/DPNP tanggal 25 Oktober2014 :

Penilaian tingkat kesehatan Bank Umum sehubungan dengan berlakunya peraturan Bank Indonesia.

Bank Indonesia, surat edaran; Kodifikasi-Transparansi Kondisi Keuangan _ Complete. Diakses pada tanggal 21 Mei 2016.

Brigham, Eugene F. 2009. Manajemen Keuangan, edisi kedelapan.

Eko, Sri, Dedy N. Baramull. Analisis posisi kinerja keuangan antara Bank Syariah dan Bank Konvensional di Indonesia.

Indasari, Nurlita. 2012. Analisis perbandingan kinerja keuangan antara bank konvensional dan bank syariah dengan menggunakan rasio camel (studi kasus pada bank mandiri dan bank syariah mandiri). Skripsi, prodi S1 Akuntansi FEB Universitas Sumatera Utara.

Indira, Dea. 2014. Pengaruh krisis global pada bank konvensional dan bank syariah. Skripsi FEB Universitas Unmul

Kasmir. 2004. Bank dan Lembaga keuangan Lainnya. Edisike Delapan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir.2008. Manajemen Perbankan. Edisi Revisi 2008.Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2010. Manajemen Perbankan. Edisi Revisi 9.Jakarta:Rajawali Pers.

Ningsih. Widya Wahyu 2012. Analisis perbandingan kinerja keuangan bank umum syariah dengan bank umum konvensional di Indonesia. Skripsi FEB Universitas Hassanudin.

Ningtyas, Puspita dan Achmad Husaini. 2012. Perbandingan kinerja keuangan bank umum konvensional dan bank syariah berdasarkan analisis rasio keuangan, September:2-8.

Raharjo, Eddy Nurman. 2016. Analisis perbandingan kinerja keuangan bank konvensional dan bank syariah (studi kasus pada Bank Mandiri (persero) Tbk dan Bank Syariah Mandiri tbk pada periode 2008-2012) Skripsi FEB Universitas Mulawarman

Sazali, Thopan. 2014. Pengaruh pengetahuan konsumen mengenai perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri TBK Cabang Samarinda. Skripsi FEB Universitas Mulawarman

Wenti, Rusdiana. 2013 Analisis kinerja keuangan pada PT. Bank Mega sebelum dan sesudah krisis global.

Yuniar, Santirahel. 2013. Analisis perbandingan kinerja keuangan pada perbankan konvensional dan syariah dengan menggunakan rasio keuangan bank.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i3.4644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com