ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CONSUMER ACCEPTANCE PADA MOBILE BANKING MANDIRI DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor- faktor seperti Perceived usefulness, Perceived ease of use, Perceived risk, Compatibility, terhadap Intention to use (minat menggunakan) melalui Attitude (sikap) pengguna mobile banking Mandiri di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Model yang diolah dengan software SPSS dan AMOS. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 200 orang. Perolehan data pada penelitian ini menggunakan instrument berupa kuisioner dengan skala interval 10 dan pertanyaan terbuka. Berdasarkan model structural dapat dibuktikan bahwa perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude, perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude, perceived risk berpengaruh tidak signifikan terhadap attitude, compatibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude, perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use, perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use, perceived risk berpengaruh tidak signifikan terhadap intention to use, compatibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use dan attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bank Mandiri dapat mempertahankan nilai kemanfaatan sebagai faktor utama dalam meningkatkan minat pengguna dalam menggunakan mobile banking.
Keywords
References
Ajzen, Icek dan Fishbein, Martin. 1977. A Theoritical Analysis and Review of Empirical Research. Psychological Bulletin. Vol.84 No.5 888-918
Alifia, Fitri Rizki. 2016. Pengaruh manfaat, kemudahan dan keamanan terhadap keputusan menggunakan internet banking nasabah Bank BCA di Surabaya. Artikel Ilmiah: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya
Ardana, Restu A., Kertahadi, Azizah, dan Farah, Devi. 2014. The influence of Perceived usefulness, ease of use, compatibility and risk on mobile banking user Attitude (Study at PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Branch Malang Kawi). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.17 No.2
Bank Indonesia. Bank Indonesia mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai [Online]. http://www.bi.go.id/id/ruang-media/siaran-pers/Pages/sp_165814.aspx (diakses tanggal 10 Oktober 2017)
Chauhan, Sumedha. 2015. Acceptance of mobile money by poor citizes of India: integrating trust into Technology Acceptance Model. Emeraldinsight. info, Vol. 17 issue: 3, pp. 58-68
Chen, ChauShen. 2013. Perceived risk, usage frequency of mobile banking services, Managing Service Quality: An International Journal. Vol.23 Issue: 5 pp. 410-436
Davis, Fred D., Bagozzi, Richard P., dan Warshaw, Paul R. 1989. User acceptance of computer technology a comparison of two theoretical models. Management Science. Vol.35 No. 8
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis dan disertasi ilmu manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2017. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gu, Ja-Chul, Lee, Sang-Chul, dan Suh, Yung-Ho. 2009. Determinants of behavioral intention to mobile banking. Elsevier
Hanafizadeh, P., Behboudi, P., Koshksaray, Amir A., dan Tabar Marziyeh J.S. 2014. Mobile banking adoption by Iranian bank clients. Telematics and Informatics 31 pp.62-78
Hardiningtyas. Ria S. 2016. Pengaruh persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, risiko terhadap sikap dan intense perilaku nasabah dalam penggunaan internet banking di PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Jember. Tesis. Universitas Jember
Hendra, Joni dan Iskandar, Ahmad. 2016. Aplikasi model TAM terhadap pengguna layanan internet banking di kantor Bank Jatim cabang Situbondo. Jurnal Ecobuss Vol.4
Julianto, Pramdia Arhando. 2017. Akhir 2017, Bank Mandiri Targetkan Pengguna Mandiri Online Capai 2,5 Juta Nasabah [Online]. http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/03/21/184530926/akhir.2017.bank.Mandiri.targetkan.pengguna.Mandiri.Online.capai.2.5.juta.nasabah (diakses 8 Oktober 2017)
Kartika, Shinta Eka. 2009. Analisis proses penerimaan sistem informasi icons dengan menggunakan Technology Acceptance Model pada Karyawan PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. di Kota Semarang
Klopping dan McKinney. 2004. Extending the Technology Acceptance Model and the Task Technology Fit Model to Consumer E-Commerce. Information Technology, Learning, and Performance Journal. Vol.22 No.1 Spring 2004
Laksana, Giga B., Astuti, Endang S., dan Dewantara, Rizki Y. 2015. Pengaruh persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko dan persepsi kesesuaian terhadap minat menggunakan mobile banking (studi pada nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Rembang, Jawa Tengah). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.26 No.2
Lewis, Nicole K., Palmer, A., dan Moll, A. 2010. Predicting young consumers’ take up of mobile banking services. International Journal of Bank Marketing. Vol.28 Issue:5 pp.410-432
Mohammad, Ghiyazuddin A. dan Owens, John V. Memanfaatkan Fintech untuk Mencapai Keuangan Inklusif di Indonesia [Online]. http://www.microsave.net/pages/home/memanfaatkan_fintech_untuk_mencapai_keuangan_inklusif_di_indonesia (diakses tanggal 6 Desember 2017)
Nordiansyah, Eko. 2017. Permudah Layanan Nasabah, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Online [Online]. http://ekonomi.metrotvnews. com/mikro/VNxJpl1k-permudah-layanan-nasabah-bank-Mandiri-luncurkan-Mandiri-Online (diakses tanggal 17 Oktober 2017)
Pavlou, Paul A. 2003. Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trust and Risk with the Technology Acceptance Model. Spring 2003, Vol. 7, No. 3, pp. 69–103
Pasopati, Giras. 2017. Nilai Aset Bank Mandiri Tembus Rp1.000 Triliun. [Online]. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20170126103343-78-189144/nilai-aset-bank-Mandiri-tembus-rp1000-triliun (diakses 1 November 2017)
Rahmawati, Heni Rahayu. 2017. Antesenden perilaku minat menggunakan layanan ATM pada kantor cabang utama Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur. Tesis. Program Magister Manajemen Universitas Mulawarman, Samarinda
Rithmaya, Chitra Laksmi. 2016. Pengaruh kemudahan penggunaan, kemanfaatan, sikap, risiko, dan fitur layanan terhadap minat ulang nasabah Bank BCA dalam menggunakan Internet banking. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen. Vol.16 No.1. Hal.160-177
Rogers, Everett M. 1983. Diffusion of Innovations. New York: The Free Press
Setiawan, Sakina Rakhma Diah. 2017. Transaksi Elektronik Bank Mandiri Tumbuh 28,7 Persen [Online] http://ekonomi.kompas.com/read/2017/ 04/25/205525226/transaksi.elektronik.bank.Mandiri.tumbuh.28.7.persen
Solomon, Michael R. 2015. Consumer Behavior Buying, Having, and Being. England: Pearson Education Limited
Suh, Bomil dan Han, Ingoo. 2002. Effect of trust in customer acceptance of internet banking. Electronic Commerce Research and Apllications 1 (2002) 247 - 263
Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet, Implikasinya pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tan, Margaret and Teo, Thompson SH. 2000. Factors Influencing the Adoption of Internet banking. International Journal of Electronic Commerce, Vol 1, article 5
Wang, Yi-Shun, Wang, Yu-Min, Lin, Hsin-Hui, dan Tang Tzung-l. 2003. Determinants of user acceptance of Internet banking: an empirical study. International Journal of Service Industry Management, Vol. 14 Issue, pp. 501-519
Wessel, Lisa dan Drennan, Judy. 2010. An Investigation of consumer acceptance of M-banking. International Journal of Bank Marketing, Vol. 2
Widjana, Mahardika A. dan Rachmat, Basuki. 2011. Factors determining acceptance level of internet banking implementation. Journal of Economics, Business and Accountancy Ventura, Vol. 14, No. 2, pages 161 - 174
Wu, Jen-Her dan Wang, Shu-Ching. 2005. What drives mobile commerce? An Empirical evaluation of the revised Technology Acceptance Model. Elsevier, Information dan Management 42
Yanuardinda, C., Kertahadi, dan Riyadi. 2014. Analisis determinan minat keperilakuan dalam menggunakan mobile banking. Jurnal administrasi bisnis vol. 5 No. 2
DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i3.4622
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com