PENGGUNAAN WAKTU STANDAR DALAM MENETAPKAN EFISIENSI JAM KERJA PERAWAT PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TARAKAN

Risna Fariha Damayanti, Justina Ade Judiani, Doddy Adhimursandi

Abstract


Masyarakat kini semakin kritis dalam menuntut hak-haknya dalam pelayanan kesehatan sehingga pihak Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan harus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.Yang berperan penting dalam meningkatkan pelayanan adalah perawat karena perawat mendominasi tenaga kerja secara keseluruhan dan mempunyai kontak yang paling lama dengan pasien. Bagian manajemen harus tepat dalam pembagian tugas dan jam kerja perawat.


Keywords


waktu standar, jam kerja perawat, work sampling

References


Gaspersz, Vincent. 2001. Production Planning and Inventory Control: Berdasarkan Pendekatan Sistem Terintegrasi MRP II dan JIT Menuju Manufakturing 21. Edisi Revisi dan Perluasan.PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Haming, Murdifin dan Mahfud Nurnajamuddin. 2011. MANAJEMEN PRODUKSI MODERN : Operasi Manufaktur dan Jasa – Buku 1.PT.Bumi Aksara. Jakarta.

Handoko, T. Hani. 2014. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. BPFE.Yogyakarta. Hasibuan, Malayu . 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. PT.Bumi Aksara. Jakarta. Heizer, Jay dan Barry Render.2005.Manajemen Operasi Edisi 7 Jilid Satu. Salemba Empat. Jakarta. Mulyadi.2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Salemba Empat. Jakarta.

Prawirosentono, Suyadi. 2001. Manajemen Operasi Analisis dan Studi Kasus.Edisi Ketiga. Bumi Aksara. Jakarta.

Reksohadiprodjo, Sukanto. 2003. Manajemen Produksi dan Operasi Edisi 2.BPFE.Yogyakarta. Soekartawi.2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertamnian Teori dan Aplikasi.PT RajaGrafindo Persada.

Jakarta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.

……….... 2008.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung. Sutalaksana, Iftikar Z., dkk. 2006. Teknik Perancangan Sistem Kerja. ITB. Bandung.

Wysocki, Robert K. 2001. Effective Project Mnajemen. Wiley Publishing inc. New York.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i3.4526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com