Pengaruh Direktur Independen dan Direktur Wanita Terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016

Hapidah Hapidah, Michael Hadjaat, Rizky Yudaruddin

Abstract


Penelitian ini secara empiris bertujuan menganalisis apakah keragaman gender dan dewan direktur independen dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Sampel penelitian ini menggunakan data dari perusahaan sektor perdagangan, jasa dan investasi yang di peroleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan populasi sebanyak 112 perusahaan dan telah dilakukan penyaringan maka di peroleh sampel sebanyak 76 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling sebagai pengambilan sampel. Model analisis penelitian ini yaitu fixed effect method (FEM). Data yang di gunakan adalah data sekunder dengan sumber data yang di peroleh dari situs idx periode 2012-2016. Penulis menemukan hasil bahwa perusahaan dengan lebih banyak direktur wanita memiliki kinerja perusahaan yang lebih tinggi berdasarkan ukuran pasar (Tobin's Q). Hasil ini juga menunjukkan bahwa direktur independen yang merupakan direktur eksternal mampu memberikan kontribusi terhadap kinerja perusahaan dan apabila dalam kinerja perusahaan terdapat direktur independen dan di ikuti dengan proporsi dewan direktur wanita yang lebih besar maka di temukan hasil yang positif.


Keywords


Direktur Independen; Direktur Wanita;

References


Baysinger, B., & Butler, H. (1985). Corporate Governance and the Board of Directors: Performance Effects of Changes in Board Composition. Journal of Law, Economics, & Organization, 1(1), 101-124.

Campbell, K., & Mı´nguez-Vera, A. (2008). Gender Diversity in the Boardroom and Firm Financial Performance. Journal of Business Ethics, 83, 435–451.

Campbell, K., & Mı´nguez-Vera, A. (2009). Female Board Appointments and Firm Valuation: Short and Long-term Effects. Journal of Management and Governance, 14, 37–59.

Carrington, W., DeBuse, J. and Lee, H. (2008). The Theory of Governance & Accountability. The University of Iowa Center for International Finance and Development.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i3.4496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com