PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL ARMADA MOTOR SAMARINDA

Nahdalia Andani, Jusuf Kuleh, Alexander Sampeliling

Abstract


Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen (dibawah dibimbingan Jusuf Kuleh dan Alexander Sampeliling). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, promosi dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang pelanggan Bengkel Armada Motor Samarinda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan: Harga berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Promosi  berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, dan Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.


Keywords


: Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen.

References


Abdillah, Willy, dan Jogiyanto Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS) - Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Edisi Pertama. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Bailia, Jefry F.T., Agus Supandi Soegoto, dan Sjendry Serulo R. Loindong. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado, Jurnal EMBA 2 (3) September: 1768-1780.

Baker, Michael J., 2003. The Marketing Book. Fifth Edition. Butterworth-Heinemann. England.

Ferdinand, Augusty. 2014. METODE PENELITIAN MANAJEMEN (Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skrispi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen). Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ferrell, O.C dan Michael D. Hartline. 2011. Marketing Strategy. Fifth Edition. South-Western Cengage Learning. USA.

Foster, Bob. 2016. The Effect of Price and Service Quality on Customer Satisfaction in Mutiara Hotel Bandung, American Research Journal of Humanities and Social Sciences :1-12.

Ginantra, Komang Gede, Ni Putu Nina Eka Lestari AAN, dkk. 2017. Effects of Promotion, Product Quality, Brand Image and Price on Customer Satisfaction and Brand Switching Decision (A Case Study on XL Cellular Card Users in Denpasar City, Bali, Indoneisa), International Journal of Management and Economics Invention 3 (12) Desember: 1514-1523.

Gulla, Rendy, Sem George Oroh, dan Ferdy Roring. 2015. Analisis Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada hotel Manado Grace Inn, Jurnal EMBA 3 (1) Maret: 1313-1322.

Handoko, Bagus. 2017. Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 18 (1) April: 66-77.

Jaya, I Gede Nyoman Mindra dan I Made Sumertajaya. 2008. Pemodelan Persamaan Struktural Dengan Partial Least Square, Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika : 118-132.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Principles of Marketing. 14th Edition. Pearson Education, Inc. New Jersey.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. 14th Edition. Pearson Education, Inc. New Jersey.

Malik, Muhammad Ehsan, Muhammad Mudasar Ghafoor, dan Hafiz Kashif Iqbal. 2012. Impact of Brand Image, Service Quality and Price on Customer Satisfaction in Pakistan Telecommunication Sector, International Journal of Business and Social Science 3 (23) December: 123-129.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2010. Consumer Behaviour & Marketing Strategy. Ninth Edition. The McGraw-Hill Companies, Inc. New York.

Putri, Istiqarah Isa, Sofyan dan Rahmaddiansyah. 2017. Pengaruh Citra Merek, Kualittas Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Rotiboy di Kota Banda Aceh, Jurnal Agribisnis Mahasiswa Pertanian Unsyiah 2 (2) Mei: 225-237.

Rahayu, Sri. 2015. The Effect of Promotion, Service Quality, Brand Image on the Satisfaction of the Tourists Visiting the City Palembang and the Implication on Their Loyalty to the Visited Resorts, Journal of business and Economics 6 (4) April: 770-780.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Edisi Pertama. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Sari, Dessica Dinar. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen SIM CARD GSM Prabayar XL Di Kota Yogyakarta). Manajemen. Fakultas Ilmu Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Di akses pada tanggal 1 Maret 2018.

Solomon, Michael, Gary Bamossy, Soren Askegaard, dan Margaret K. Hogg. 2006. Consumer Behaviour (A European Prespective). Third Edition. Pearson Education Limited. England.

Sugiyono. 2014. METODE PENELITIAN BISNIS (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Edisi Ke-18. Alfabeta. Bandung.

Suharno dan Yudi Sutarso. 2015. Marketing In Practice. Cetakan Kedua. Penerbit KP Books. Samarinda.

Tjiptono, F. 2008. Manajemen Jasa. CV. Andi Offset. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i3.4489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com