Pengaruh citra tujuan, nilai dan kepuasan terhadap loyalitas wisatawan ladang budaya di tenggarong

Jemi Priadi, Tetra Hidayati, Sri Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh dari Cita Tujuan, nilai, dan kepuasan dari suatu destinasi wisata terhadap sikap loyal wisatawan ladang budaya. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 responden yaitu wisatawan yang pernah berkunjung lebih dari satu kali. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dan non-probability sampling. Uji Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : citra Tujuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. nilai berpengaruh positif dan  tidak signifikan terhadap loyalitas. kepuasan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas. Secara simultan semua variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas


Keywords


citra tujuan; nilai; kepuasan; loyalitas;

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2000, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Assaker, G.,Vinzi,V.E., & O’Connor, P. 2011. Examining the effect of novelty, seeking, satisfaction, and destination image on tourists’ return pattern: As two factor non-linear latent growth model. Tourism Management, , 32(4), 890–901

Bigné, J.E.Sánchez,M.I., & Sánchez J.2011. Tourism image, evaluation variables and after purchase behaviour. Tourism Management, 22(6),

–616.

Bosque & San Martín, (2008). Tourist Satisfactiona Cognitive- Affective Model. Annals of Tourism Research

Buchari. 2000, manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung

Chandra, Ardan. 2017 Pariwisata Sumbang Devisa Terbesar Kedua. https:// pariwisata-sumbang-devisa-terbesar-kedua. diakses pada tanggal 12 November 2017.

Cronin, J. J., Brady, M. K., & Hult, G. T. M. 2000. Assessing the effects of quality, value, and customer satisfaction on consumer behavioral intentions in service environments. Journal of Retailing

Dedy, Ahmad 2017 Jumlah Wisatawan Asing Melonjak pada bulan juli. https://economy.okezone.com/read/2017/09/04/320/1769006/wowjumlahwisatawan asing melonjak, di akses pada tanggal 13 November. 2017

Echtner, C.M., & Ritchie,J.B. 2011. The mean in gand measuremen destination image. Journal of Tourism Studies, 2(2), 2–12,

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Hallak, R, Assaker, G & Haddad.2017. Re-examining the relationships among perceived quality, value, satisfaction, and destination loyalty: : A higher-order structural model. Journal of Vacation Marketing

Hendro,Dwi. 2016. Potensi wisata kalimantan timur. http://www.kliksamarinda .com/berita wisata-kalitim. Diakses pada tanggal 12 November 2017.

Kim, S.H.,Holland,S.,& Han,H.S. 2012. Astructural model for examining how destination image, perceived value, and service quality affect destination loyalty: Acasestudy of Orlando. Journal of Tourism Research, 15(4),

–328

Kotler, P., Bowen, J., & Makens, j, 2002, Pemasaran Perhotelan dan Pariwisata. Edisi Kedua. PT. Prenhallindo, Jakarta

, 2009. Manajeman Pemasaran Edisi Ketigabelas Jilid Kedua. Erlangga. Jakarta

Lee, C., Lee, Y., & Lee, B. 2005. Korea’s destination image formed by the 2002 world cup. Annals of Tourism Research

Lee, J., Graefe,A.R., & Burns,R.C .2004. Service quality, satisfaction, andbeha- vioral intention among forest visitors. Journal of Travel Tourism,17(1),

–82

McKercher,B., Guillet,B.D., & Ng,E. 2012. Rethinking loyalty. Tourism Research, 50(2), 121–132

Mechinda, P., Serirat,S., & Gulid,N. 2009. An examination of tourists’ attitud in al and behavioral loyalty: Journal of Vacation Marketing, 39(2), 708–734

Oliver, R.L. 2009. When ceconsumer loyalty?: Journal of Marketing, 63, 33–44

Petrick J.F & Backman SJ 2002 An examination of the construct of value for the prediction of golf travelers’ intentions to revisit. Journal of Travel Research, 40(1), 41–48.

Phillips, W.J., Wolfe,K., Hodur,N., & Leistritz,F.L. 2013.Tourist word of mouth and revisit in tentions to rural tourism destinations. Journal of Tourism

Prayag,G., & Ryan,C. 2012. Antecedents of tourists’ loyalty to Mauritius: Ther ole and influence of destination image, place attachment, personal in volvement, and satisfaction. Journal of Travel Research, 51(3), 342–356.

Priyanto. 2011. Mandiri Belajar SPSS Untuk Ananlisis Data dan Uji Statistik. Jagakarsa. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i3.4474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com