Pengaruh inovasi produk, kualitas produk dan harga terhadap keunggulan bersaing rumah makan geprek express di kota samarinda

MuhammadRisyan Mahendra Putra, Herning Indriastuti, Alexander Sampeliling

Abstract


Muhammad Risyan Mahendra Putra. Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keunggulan Bersaing Rumah Makan Geprek Express di Kota Samarinda. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Herning Indriastuti, SE.,MM sebagai pembimbing I dan Bapak Alexander Sampeliling, SE.,MM sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keunggulan Bersaing Rumah Makan Geprek Express di Kota Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen Rumah Makan Geprek Express di kota Samarinda. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan total sampel 120 orang. Penelitian ini menggunakan model regresi linier berganda. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa kelayakan model diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang menyatakan model layak dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis menunjukkan nilai koefisien regresi variabel inovasi produk adalah 0,519 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai koefisien regresi variabel kualitas produk sebesar 0,130 dengan signifikansi sebesar 0,005 < 0,05 dan variabel harga sebesar 0,248 dengan signifikansi sebesar 0,003. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing Rumah Makan Geprek Express di Kota Samarinda.


Keywords


inovasi produk; kualitas produk; harga; keunggulan bersaing

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul, Vian., 2013. “Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing (Survey pada UKM Batik Deden Tasikmalaya)”.

Anwar, Iful., 2015. “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Ilmu dan Rise Manajemen, Vol 4, No 12.

Apriliani, Lydia. 2015. “Faktor – faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Dalam Upaya Meningkatkan Market Share”. Diponegoro Journal Of Management. Vol 4, No 3.

Berthon, Pierre. Ewing, Michael & Li Lian Hah., 2005. “Captivating Company Dimensions of Attractiveness in Employer Branding”. International Journal of Advertising.

Bryan, Lukas dan Ferrel.O.C., 2000.”The Effect of Market Orientation on Product Innovation”. Journal of The Academy of Marketing Science, Vol 28, No 2.

Cravens, David W. dan Percy, Nigel F., 2003. Strategic Marketing. 7ed, McGraw Hill Companies, inc., New York.

David, Fred. R., 2011. Strategic Management : Concepts and Cases (13th ed.). NJ:Prentice Hall, New Jersey.

Dismawan, Rangga., 2014. “Pengaruh Kreativitas Produk dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Produk Kue Soes Pada Toko Kue Soes Merdeka di Jalan Merdeka No.25 Bandung”. Skripsi S1, Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.

Dougherty D, Hardy C., 1996. Sustained Product Innovation in Large. Mature Organizations : Overcoming Innovation – to – Organization Problems. Academy of Management Journal.

Ferdinand, augusty., 2014. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen, Badan Penerbit Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Dipenogoro, Semarang.

Firmansnyah, Diki., 2011. “Pengaruh Inovasi Produk dan Kreativitas Terhadap Kinerja Usaha Bisnis Pada Distro Clothing di Kawasan Trunojoyo Bandung”.

Ghozali, Imam., 2012. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20”., UNDIP. Semarang.

Golob, Urša dan Podnar, Klement. 2007. Competitive advantage in the marketing of product within the enlarged European Union. European Journal of Marketing, Vol 4, No 3.

Indriastuti, Herning. 2015. “Membangun Kapabilitas Penginderaan Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Produk Modifikatif terhadap Kinerja Pemasaran”. Management Dynamics Conference.

Kotler, P dan Amstrong, G., 2012. Prinsip - prinsip Pemasaran, Jilid 1. Edisi 13. Erlangga, Jakarta.

_____________________., 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Erlangga, Jakarta.

_____________________., 2008. Prinsip – prinsip Pemasaran, Jilid 1. Edisi 12. Erlangga. Jakarta.

_____________________., 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi 9. PT. Indeks Gramedia, Jakarta.

_____________________., 2001. Prinsip – prinsip Pemasaran, Jilid 1. Edisi Kedelapan. Erlangga, Jakarta.

Nelly, dkk., 2001. New Product Quality and Product Development Teams. Journal of Marketing,

Nasution, M. N., 2005. Manajemen mutu terpadu (total quality management). Ghalia Indonesia, Bogor.

Porter, Michael.E.,1998. Competitive Advantage : Creating and Sustaining Superior Performance, The Free Press. New York.

______________.,1994. Keunggulan Bersaing, Bina Rupa Aksara, Jakarta.

______________.,1986. Competitive Advantage :Creating and Sustaining Superior Performance : with a new introduction. The Free Press. New York, USA.

Purnama, Nursya’bani dan Setiawan, Hery., 2003, “Analisis Pengaruh Sumber – Sumber Keunggulan Bersaing Bidang Pemasaran Terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur di Indonesia”. Jurnal Siasat Bisnis, Vol 2, No 8.

Sitohang, Sonang., 2006. “Pengaruh Kreativitas dan Trade Exhibition Terhadap Inovasi Berkelanjutan dan Kinerja Pemasaran Sentra Industri Kecil Mebel Kayu di Kabupaten Madiun”. Jurnal Ekuitas, Vol 3 No 12.

Soemali, Ruth Natalia dan Dharmayanti, Diah., 2015. “Pengaruh Product Innovation, Product Quality Dan Brand Image Terhadap Customer Loyality Dengan Competitive Advantage Sebagai Variabel Intervening Di PT. WIJAYA INDONESIA MAKMUR BICYCLE INDUSTRIES GRESIK”. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.

Suendro, Ginanjar., 2010.”Analisis Pengaruh Inovasi Produk Melalui Kinerja Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan”.Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol 9, No 2.

Sugiyono. 2010., Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D., Alfabeta. Bandung.

Suriatna, Danny dan Ardianti, Retno., 2013.”Analisis Modal Sosial dan Inovasi Produk Pada Pengusaha Mikro dan Kecil di Jawa Timur.” Jurnal AGORA, Vol.1, No. 3.

Taan, Hapsawati., (2017. “Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Kara

wo Di Kota Gorontalo”. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, Vol 6, No 2.

Tjiptono, F., 2008. Strategi Bisnis Pemasaran., Andi : BPFE, Yogjakarta.

________. 2003. Strategi Pemasaran., Edisi 2. Andi Offset. Yogjakarta.

Priyatno, Duwi., 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS, Cetakan Pertama. MediaKom. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i3.4473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com