Pengaruh promosi penjualan dan store atmosphere terhadap impulse buying

Authors

  • Anita Amelia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Suharno Suharno Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Asnawati Asnawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.445

Keywords:

Promosi penjualan, menyimpan suasana, pembelian impulsif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Promosi Sales and Store Atmosphere berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying. Variabel bebasnya adalah sales promotion dan store atmospher.e Sedangkan variabel dependennya adalah Impulse Buying. Penelitian dilakukan pada pelanggan Alaya Giant di kota Samarinda yang terdiri dari 60 orang sebagai responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Data dikumpulkan dengan kuesioner untuk menguji promosi penjualan dan suasana simpan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil ini menunjukkan variabel promosi penjualan dan atmosphere store berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif.

References

Basu Swastha dan Irawan, (2005), Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode penelitian Manajemen: “Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tensis, dan disertai Ilmu Manajemen”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponnogoro.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, et al. 2006. Multivariate Data Analiysis. Edisi 6. New Jersey. Pearson Education.

Kartajaya, Hermawan, 2007, Hermawan Kartajaya on Service, Bandung, Mizan Pustaka.

Kotler, Philip. 2005. Marketing Management 10th Edition. Eaglewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary, 2008, Principles of Marketing (Ninth Edition), Prentice Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Levy & Weitz, 2001. Retailing Management, 4th edition. New York: Mc.Graw Hill, Irwin

Rook D and Fisher J.R. (1995). Normative Infuences o Impulsive buying behavior. in Bearden, W, and Netemeyer, G.R. (Eds), Handbook of Marketing Scales, 2nd ed, pp.55-56

Sugiyono. 2010. Statistika Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

Sumadi Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sulek, J. W., & Hensley, R. L. (2004). The Relative Importance of Food, Atmosphere, and fairness of wait. Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly, 45 (3) ,235-247

Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Yudatama, A., Saryadi dan Susanto, H. 2012. Pengaruh Store Image, Store Atmospherics, Store Theatrics dan Social Factor Terhadap Pembelian Tidak Terencana. Semarang: Jurnal Administrasi Bisnis.

Published

2017-11-26

Issue

Section

Articles