Pengaruh diferensiasi produk dan aksesibilitas layanan terhadap minat beli (studi empiris pra-penggunaan kartu halo di samarinda)

Lucky Apriliyanti Mutholib, Herning Indriastuti, Asnawati Asnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah diferensiasi produk dan aksesibilitas layanan berpengaruh terhadap minat beli Kartu Halo di Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah diferensiasi produk dan aksesibilitas layanan. Sementara variabel terikat adalah minat beli. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Samarinda yang mengetahui Kartu Halo tapi belum pernah menggunakan Kartu Halo yang terdiri 100 responden. Metode Analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan alat analisis SPSS 22. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitiatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regeresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi produk dan aksesibilitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.


Keywords


diferensiasi produk; aksesibilitas layanan; minat beli

References


Adji, Jennifer dan Prof. Dr. Drs. Hatane Samuel, MS. 2014. Pengaruh Satisfaction dan trust Terhdap Minat Beli Konsumen (Purchase Intention) di Starbucks The Square Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, Hal 1-10.

Ashari, Anwar. 2009. Pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Motor Honda (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang). Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Astuti, Sri Rahayu Tri. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Journal of Management, Volume 2 No.3 Tahun 2013. Hal 1-11.

Azhari, Vionny Ocktavia, Dahnil Johar dan Lindawati. 2016. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen di Kubik Koffie Padang. Jurnal Manajemen. Hal 1-13.

Dwihapsari, Ester Ratih dan Yanti Murni. 2016. Pengaruh Positioning, Diferensiasi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Buku Mimpi Sejuta Dolar dengan Promosi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika , Volume I Nomor 2, April 2017.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan Adisaputro. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi pertama. Andi. Yogyakarta.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS.

Ikhsan, Muhammad. 2016. Pengaruh Akseptabilitas, Afordabilitas, Aksesibilitas dan Kesadaran Terhadap Niat Beli Layanan 4G Telkomsel di Bandar Lampung. Tesis. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi keduabelas, Jilid Kedua. PT Indeks. Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kuncoro, Mudjarad. 2011. Metode Kuantitatif. Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi Keempat. Penerbit: Unit Penerbit Dan Percetakan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Miro, Fidel. 2009. Perencanaan Transportasi bagi Mahasiswa, Perencana dan Praktisi. Erlangga. Jakarta.

Setyawan, Yohana Neysa dan Edwin Japarianto. 2014. Analisa Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, dan Aksesibilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.2 No.1 (2014).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Alfabeta. Bandung.

¬¬¬________. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Alfabeta. Bandung.

________. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Alfabeta. Bandung.

Sunanto. 2017. Efektivitas Iklan TV Berdasarkan Model AIDA Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Iklan TV Indomie pada Konsumen Indomaret Serua). Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, Vol.4 No.2 April 2017. Hal 25-40.

Sunyoto, Danang. 2012. Prosedur Uji Hipotesis Untuk Riset Ekonomi, Cetakan Kesatu. Alfabeta. Bandung.

Susanto, Perengki dan Nella Rahmi. 2013. Pengaruh Diferensaisi Produk dan Harga Terhadap Minat Beli pada Sepede Fixie di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, Volume 2, Nomor 1, Maret 2013.

Tampi, Nicky Hanry Ronaldo. 2015. Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Diferensiasi Layanan, dan Diferensiasi Citra terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran (Studi pada PT. Telkomsel Grapari Manado). Jurnal EMBA, Vol.3 No.4 Desember 2015 Hal 68-81

Tomi, Veri Agus, Imam Suroso, dan N. Ari Subagjo. 2014. Pengaruh Diferensiasi, Variasi, dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keunggulan Bersaing Pada Produk Edamame PT. Mitratani 27 Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi.

Widiyanto, Ibnu. 2008. Poiters Metodologi Penelitian. Penerbit Semarang CV Dikalia.

Wilar Omega Wulan, Frederik G. Worang dan Djurwati Soepono. 2017. Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Keunggulan Bersaing pada PT. Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA, Vol.5 No.3 September 2017 Hal. 3845-3854.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i3.4398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com