Pengaruh Citra Merek Dan Daya Tarik Iklan Serta Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Aromatherapy FreshCare Di Kota Samarinda

Riska Utami, Pamasang S Siburian, Muhammad Wasil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh citra merek dan daya tarik iklan serta inovasi produk terhadap keputusan pembelian aromatherapy FreshCare di Kota Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara mengambil keseluruhan populasi yang ada di Kota Samarinda untuk dijadikan sampel penelitian, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda .Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa citra merek dan daya tarik iklan serta inovasi produk berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian  aromatherapy FreshCare di Kota Samarinda. Bedasarkan hasil pengujian hipotesis pada variabel citra merek, menunjukkan bahwa citra merek terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Aromatherapy FreshCare di Kota Samarinda. Hasil ini juga didukung dengan citra merek pada Aromatherapy FreshCare yang memiliki keunggulan yg khas serta menawarkan manfaat dan nilai yang diberikan pada konsumen. Dengan demikian, hipotesis pertama dalam penelitian ini diterima

Keywords


Citra Merek;Daya Tarik Iklan;Inovasi Produk;Keputusan Pembelian

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta Jakarta :

A Shimp, Terence. 2003 Periklanan Promosi ( Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu). Jilid I, edisi Terjemahan, Jakarta : Erlangga.

Assauri, Sofjan. 2009. Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi,edisi pertama.Jakarta:Rajagrafindo.

Basu Swastha, Irawan, (2005), Manajemen Pemasaran Modern. Liberty,Yogyakarta.

, dan Hani Handoko.2011. Manajmen Pemasaran. Analisis Prilaku. Konsumen . BPFE Yogyakarta.

Belch, George E, Michael A, Belch.2004.Advertising and promotion: An Integarate Marketing Comunication Perpective.Sixth Edition. McGraw.Hill. New York

Charles Lamb, W.et.al. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat: Jakarta.

Dominanto, N. N., (2008), “Perbedaan Sikap terhadap Iklan, Merek, dan Niat Beli Konsumen pada Iklan Dean Fear Appeal Tinngi Rendah pada Partisipan Wanita”, Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol. 2, No. 2, Hal.67-75

Fontana, Avanti.2011. Innovate We Can!,Cipta Inovasi Sejahtera, Bekasi.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar, 2003, Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain, Jakarta Erlangga.

Kotler, dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga

, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga

, dan Amstrong .2012.Prinsip-Prinsip Pemasaran . Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

. 2012. Marketing Management 13. New Jersey : Pearson Prentice Hall, Inc

. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua,Jakarta: Erlangga.

MN. Nasution, (2005), Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Jakarta: Ghalia Indonesia

Morissan. (2007). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Prakarsa.

Rangkuti, Freddy. (2007). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communiciation. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2010. Consumer Behavior Tenth Edition. Pearson Education.

Setiadi, Nugroho J. 2003, Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta.

Stanton, William J. 2003. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Sadu Sundaru.Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. 2009, Motode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta.

. 2012 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

. 2014 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sumarwan, Ujang, dkk. (2010). Pemasaran Strategik (Prespektif Value-Based Marketing & Pebgukurab Kinerja). IPB Pres. Bogor.

. 2011.Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.

Suyanto, M. (2005). Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi. Amikom.

Tjiptono, Fandy (2005). Pemasaran Jasa.Malang: Bayu Media Publishing.

. 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta , Andi.

Umar. 2007, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, PT. Raja Grafindo Persada . Jakarta:

https://marketing.co.id/fresh-care-inovasinya-mengubah-pasar-minyak-angin/ diakses Febuari 2018.

http://www.topbrand-award.corn diakses Febuari 2018

http://wildalingling.blogspot.co.id/2013/12/minyak-angin-aromatherapy-fress-care.html diakses Febuari 2018




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i3.4380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com