PENGARUH MOTIVASI DAN KUALITAS LAYANAN SERTA KEPUASAN TERHADAP DESTINATION IMAGE DAERAH TUJUAN WISATA KOTA RAJA TENGGARONG

Muhammad Khumeini, Syarifah Hudayah, Sri Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Motivasi, Kualitas layanan dan Kepuasan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap Destination Image kota Raja tenggarong. Penelitian ini dilaksanakan di samarinda, dengan obyek penelitian wisatawan kota Samarinda yang pernah berkunjung ke destinasi wisata kota Raja Tenggarong. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden . Dari hasil penelitian diperoleh variabel Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap Destination Image kota Raja Tengarong. Variabel kepuasan berpengauh signifikan terhadap Destination Image kota Raja tenggarong. Motivasi, Kualitas Layanan dan Kepuasan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Destination Image kota Raja Tenggarong. Variabel Motivasi dan Kualitas Layanan mampu menjelaskan perubahan kepuasan wistawan dan Destination image kota raja tenggarong  sebesar 88.6% dan 91.4% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Disarankan kepada pengelola objel wisata di daerah tujuan wisata kota raja Tenggarong untuk meningkatkan kualitas pelayanan serta fasilitas pendukung di obejek wisata yang ada di Tenggarog.

Keywords


Motivasi, Kualitas Layanan, Satisfaction dan Destination Image

References


DAFTAR PUSTAKA

Astini dan Sulistiyowati. 2015. Pengaruh Destination Image, Travel Motivation, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung (Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara Muslim Di Pantai Carita Pandeglang Banten), Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Volume 1, Nomor 3, November 2015.

Abdillah, Willy dan Hartono, Jogiyanto. 2015. Partial Least Square (PLS): Alternatif

A, Parasuraman. (2001). The Behaviorial Consequenses of Service Quality, Jurnal of Marketing,Vol 60.

Berry, L., Zeithaml, V., Parasuraman, A. (1990) The Service-. Quality Puzzle. Business Horizons.

Buchory, Herry Achmad & Djaslim Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Badan Pusat Statistik. 2016. Hotel dan Pariwisata.Januari. BPS Kabupaten Kutai Kartanegara.

Chin, W. W. (1998). The partial least squares approach for structural equation modeling. in G. A. Marcoulides (Ed.), Modern methods for business research (pp.295–236). London: Lawrence Erlbaum Associates.

Echtner, C. M., & Ritchie, J. R. B. (2003). The Meaning and Measurement of Destination Image. The Journal of Tourism Studies, 14(1), 37-48.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing.

Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gulo, W. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Ghozali. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang : UNDIP. Ghozali, Imam. 2012. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20”. Semarang : UNDIP.

Ghozali. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Vol.100-125.

Ghozali. 2006. Aplikai Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gibson, James L., Ivancevich, john M. Dan Donnely Jr.,.James H. (1997). Organisasi dan manajemen. Ed. Ke-4. Slih Bahasa Oleh Darkasih. Jakarta: Erlangga.

Gulo, W. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Hasibuan, Malayu S.P, 2006, Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi, Bumi Aksara:Jakarta.

Jogiyanto.2009.Analisis dan Desain Sistem Informasi.Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Amstrong. 2007. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Prehallindo

Kotler, Keller, 2012. Marketing Management, 14th, Person Education.

Kotler dan Keller, (2012:27). Manajemen Pemasaran edisi ketigabelas jilid 1 dan 2 dialihbahasakan oleh Bob Sabran, Jakarta: Erlangga

Kurai Kartanegara, “jembatan kutai kartanegara dibangun tahun ini”, http://www.kutaikartanegara.com/news.php?id=737, (diakses 01 Desember 2017).

Jasfar, Farida Prof. Dr., M.E. (2005),Manajemen Jasa, Ghalia Indonesia, Bogor

J. Setiadi, Nugroho, SE., MM., 2003, ”Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran”. Jakarta: Kencana

James A.F. Stoner, Management, Prentice / Hall International, Inc., Englewood Cliffs, New York, 1982, halaman 8.

Lovelock, Chirstoper dan Jockhen wortz. 2011. Service Marketing. New Jersey USE : Person.

Martaleni. 2014. Pengaruh Motivasi, Kualitas Layanan, Dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Image Daerah Tujuan Wisata, Jurnal Ekonomi dan Keuangan Volume 18, Nomor 2 Juni 2014 : 201 – 218.

Martaleni. 2011. Image Daerah Tujuan Wisata: Suatu Tinjauan Dari Perspektif Wisatawan Nusantara, DIKTI, Vol. 15 No. 4 Desember 2011: 501 – 522.

Marketing Associate yang di kutip oleh Philip Kotler dam Keller Kevin Lane yang diterjemahkan oleh Bob Sabran, 2009.

Mowen, John. Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga

Nawawi, Hadari. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif.Cetakan Keempat. Penerbit Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Nurhasyimad. (2010). Bab 2 Tijauan Pustaka 2.1 Pengertian Pelayanan. http:// www.damandiri.or.id /file/nurhasyimadunairbab2.pdf.(diakses tanggal 30 desember 2001 jam 14.20).

Plangmarn, Acheraporn et al. 2012. Cultural Value and Travel Motivation of European Tourist.

Rangkuti, Freddy. (2003). Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Reksohadiprodjo, Soekanto, dan Hani Handoko, 1996, Organisasi Perusahaan: Teori, Struktur dan Perilaku, Yogyakarta, BPFE.

Priyambada, Reza. 2016. Industri Pariwisata Indonesia. https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/industri-sektor/pariwisata/item6051?, diakses tanggal 22 July 2017.

Sigit, Soehardi, 2002, Pemasaran Praktis, Edisi ketiga, BPFE, Yogyakarta T. Hani Handoko, 2001, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Cetakan Dua belas, BPFE, Yogyakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2003, Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana

Sugiyono (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.Alfabeta

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan peroduktivitas Kerja. Jakarta: Mandar Maju.

Tjiptono dan chandra. (2005). Service Quality and Satisfaction. Edisi 2. Andi, Yogyakarta.

Tripadvisor, “tidak terawatt dengan baik, ” https://www.trpadvisor.co.id/showuserreview-g3336917-d10431480-r434948921kumala_islandTenggarong_east_Kalimantan_Kalimantan.html, (diakses 01 Desember 2017).

Umar, Husein. 2000, “Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis”, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Wijaya Tony, 2011. Manajemen Kualitas Jasa, Jakarta :PTIndek

Widjoyo, Rumambi, dan Sondang Kunto. 2013. Analisa Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Layanan Drive Thru McDonald’s Basuki Rahmat di Surabaya, JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN Vol. 1, No. 1, (2013) 1-12




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i3.4319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com