Analisis positioning berdasarkan persepsi atribut produk city car/hatchback honda jazz dengan pendekatan multidimensional scalling

Septi Gita Yuliana, Tetra Hidayati, Saida Zainurosallamia Z

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi city car Honda Jazz bila dibandingkan dengan pesaingnya dalam hal persepsi pelanggan tentang atribut produk. Populasinya adalah penduduk Samarinda yang berusia di atas 17 tahun dan memahami sepuluh merek city car dan sepuluh atribut dari produk yang digunakan dalam penelitian ini. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 60 responden yang merupakan anggota komunitas city car atau klub di Samarinda. Honda Jazz dianggap memiliki kesamaan dengan Toyota Yaris dan Suzuki Swift.


Keywords


product attributes; positioning; multidimensional scalling

References


DAFTAR PUSTAKA

Bilson, Simamora. 2001. “Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel”. Edisi Pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hasan, Ali. 2009. “Marketing”. Yogyakarta : MedPress. Kasali, Rhenald. 2008. “Membidik Pasar Indonesia: Segmenting, Targeting Dan Positioning”. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2003. “Dasar-dasar Pemasaran”. Jakarta : PT. Indeks.

Kotler, Philip,, Kertajaya, Hermawan, Huan Hooi Den, dan Liu Sandra, 2003. Rethink ing Marketing Sustainable Marketing Enterprise di Asia. Dialihbaha sakan oleh Marcus P. Widodo dari buku Rethingking Marketing Interpris in Asia. Cetakan I.

Pearson Education, Asia, Jakarta: PT Prenhallindo. Kotler. Philip & Amstrong. Gary. 2004. “Prinsip-Prinsip Marketing”. Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2004. “Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol”, Edisi Sebelas. Aliih Bahasa, Hendra Teguh. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip. 2007. “Manajemen Pemasaran” : Perspektif Asia. Yogyakarta : Andi.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2008. “Prinsip-prinsip pemasaran”. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kurtz, L David dan Louise, E Boone. 2007. “Pengantar Bisnis Kontemporer”. Jakarta : Salemba Empat. Malhotra.

Naresh K. 2005. “Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan”. Jilid 1. Klaten: PT. Indeks Kelompok Gramedia. Malhotra. Naresh K. 2007. “Marketing Research An Apllied Orientation”. International Edition. Pearson. Malhotra. Naresh K. 2010. “Marketing Research : An Applied Orientation Sixth Edition”. International Edition. Pearson.

Mowen. J.C & M. Minor. 2002. “Perilaku Konsumen”. Jilid 2 Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2012. “Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Manajemen”. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2008. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung. Alfabeta.

Simamora. Bilson. 2003. “Panduan Riset Perilaku Konsumen”. Jakarta: PT. Gramedi Pustaka Utama.

Simamora. Bilson. 2005. “Analisis Multivariat Pemasaran”. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i3.4290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com