Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Di Sosial Media Facebook Terhadap Keputusan Pembelian Tas Wanita Di Online Shop Celia Kota Samarinda

Yunita Emawati, Pamasang S. Siburian, Asnawati Asnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Membangun model yang menjelaskan proses Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-wom) di Sosial Media Facebook Terhadap Keputusan Pembelian Tas Wanita di Online Shop Celia Kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan pada wanita berumur 18 ke atas yang berdomisili di Kota Samarinda yang membeli tas di Online Shop Celia. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 responden. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode non probability sampling dan purposive judgment sampling. Data yang diperoleh menggunakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Intensitas, Konten, Pendapat Positif dan Pendapat Negatif dalam Electronic Word Of Mouth (e-wom) di Sosial Media Facebook berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Keputusan Pembelian Tas Wanita di Online Shop Celia Kota Samarinda.


Keywords


Intensitas;Konten;Pendapat Positif;Pendapat Negatif;Keputusan Pembelian

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (EdisiRevisi 2010). Rineka Cipta: Jakarta.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas

Diponegoro.

Brian Rizky Ali Rachmalika, Srikandi Kumadji, dan M.Kholid Mawardi, 2015, Analisis Faktor-faktor pembentuk Electronic Word of Mouth terhadap keputusan pembelian

Bunga Ramadhani, 2015, Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di Surabaya pada Toko Online Zalora dan Berrybenka

Diansyah, dan Ayu Indah Nurmalasari, 2017, Pengaruh Pemasaran Internet dan Electronic Word Of Mouth terhadap keputusan pembelian dengan kesadaran merek sebagai variabel intervening studi kasus Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Duwi, Priyatno, 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20, Yogyakarta, Penerbit Andi

Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Goldsmith, R. E dan Horowitz, D. 2006. Measuring Motivations For Online Opinion Seeking. Journal of Interactive Advertising, 6(2), 3-14.

Goyette, I., Richard, L., Bergeron, J. dan Marticotte, F. 2010. e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Journal of Administrative Sciences, 27 pp. 5-23

Hair, J. F., Jr., Black, W.C., Babin, B. J. dan Anderson, R. E. 2010. Multivariate Data Analysis. 7th ed., Prentice Hall, Upper Saddle River, N. J.

Hennig-Thurau, T ., Gwinner, K.P., Walsh, G. dan Gremler, D. D. 2004. Electronic Word-of-Mouth Via Customer-Opinion Platforms: What Motivates Consumer to Articulate Themselves on the Internet. Journal of Interactive Marketing, Vol 18/No 1, 38-52.

Jalilvand, M., R., dan Samiei, N. 2012. The Effect of E-WOM on Brand Image and Purchase Intention. Journal of Marketing Intelligence and Planning,Vol 30/No 4, 460-476.

Juju, Dominikus, 2010. Cara Mudah Buka Toko Online dengan Wordpress+ WP E-Commerce. Yogyakarta: CV Andi Offset

Kotler, Philip., dan Amstrong. Gary. 2008. Dasar-Dasar Pemasaran. Indeks Kelompok Gramedia : Jakarta.

Kotler, Philip & Keller.2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Ahli Bahasa: Bob Sabran. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip & Keller. 2016. Marketing Management Edisi 15

Mustika Ekawati, Srikandi Kumadji, dan Andriani Kusumawati,2014, Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap pengetahuan konsumen serta dampaknya pada keputusan pembelian

Paramitha, Cindy Rizal Putri, 2011, Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan dalam Bidang Kuliner

Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media.

PT Elex Komputindo: Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2007. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, CV, Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2010:117. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen.CAPS. Yogjakarta

Sofyan Assauri, 2013, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers

Taufansyah Firdaus, Stiepar Yapari Aktripa dan Taufik Abdullah, 2017, E-WOM pengaruhnya terhadap keputusan pembelian studi kasus tamu Restoran di Bandung Utara

Tommi Wijaya dan Eristia Lidia Paramita, 2014, Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Kamera DSLR




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i2.4143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com