Pengaruh Diferensiasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen KFC (Kentucky Fried Chicken) Cabang Hasan Basri Samarinda

NAZLIN NAZLIN, Pamasang S. Siburian, Asnawati Asnawati

Abstract


NAZLIN. Pengaruh Diferensiasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen KFC Cabang Hasan Basri Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang: pengaruh diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen KFC cabang Hasan Basri Samarinda yang membeli berdasarkan diferensiasi produk dan kualitas pelayanan dengan total sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode pengolahan data menggunakan regresi linier berganda (multiple liniear regressions) menggunakan SPSS versi 22 dan angka indeks yang digunakan dalam penelitian ini dalam mengukur frequensi jawaban responden. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa: variabel diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen.

 

 


Keywords


Diferensiasi Produk;Kualitas Pelayanan;Kepuasan Konsumen.

References


Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS, Semarang : Universitas Diponegoro.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik,Yogyakarta : Gaya Media.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2, PT. Indeks Kelompok, Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip, and Keller, K.L. 2009. Marketing Management. Penerjemah: Bob Sabran. Edisi Ke-13. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip,dkk. 2012. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.

Priyatno, Duwi. 2011. Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS. Yogyakarta : MediaKom.

Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis, Yogyakarta : CV Andi Offset.

Rumengan, Jemmy. 2012. Metodologi Penelitian Dengan SPSS. UNIBA PRESS, Batam.

Stanislaus S. Uyanto. 2006. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Jakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis, Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis, Bandung : CV Alfabeta.

Sumarni, Murti dan Salamah Wahyuni. 2006. Metodologi Penelitian Bisnis, Yogyakarta : CV Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2007. Manajemen Jasa. Edisi Keempat. Andi, Yogyakarta .

Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing. Yogyakarta.

https://tirto.id/persaingan-kfc-vs-mcdonald039s-di-indonesia-chbu.

https://eksperilunem.com/promo-kfc/.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i2.4139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com