Pengaruh city branding dan event festival layang-layang terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke pantai corong kabupaten penajam paser utara

Umi Luluatin Heni Musyarofah, Pamasang S. Siburian, Asnawati Asnawati

Abstract


P?n?liti?n ini b?rtuju?n untuk m?nj?l?sk?n: P?ng?ruh city br?nding d?n ?v?nt festival layang-layang t?rh?d?p k?putus?n b?rkunjung wisatawan k? pantai Corong K?bup?t?n Penajam Paser Utara. J?nis p?n?liti?n ini m?nggun?k?n ris?t ?kspl?n?tori. D?t? dip?rol?h d?ri p?ny?b?r?n ku?sion?r p?d? 105 wis?t?w?n yang pernah menyaksikan event festival layang-layang di pantai Corong. Teknik nonprobability sampling. M?nggun?k?n analisis regresi linear berganda. H?sil p?n?liti?n m?nunjukk?n b?hw? v?ri?b?l city br?nding d?n ?v?nt festival layang-layang b?rp?ng?ruh positif dan signifikan t?rh?d?p keputusan b?rkunjung. B?rd?s?rk?n h?sil p?n?liti?n, s?b?ikny? p?m?rint?h K?bup?t?n Penajam Paser Utara dan masyarakat lebih mempererat kerja sama untuk meningkatkan potensi yang ada di Penajam Paser Utara. Selanjutnya, meningkatkan sarana dan prasana yang ada di Penajam Paser Utara untuk memudahkan wisatawan untuk berkunjung serta membuat inovasi event pariwisata. Diharapkan kedepannya dapat mengembangkan dengan menggunakan variabel yang berbeda.


Keywords


city branding; event festival layang-layang; keputusan berkunjung

References


Аnholt, Simon. (2006). “The Anholt-GMI City Brands Index. How the world sees the world’s cities.” Place brаnding. vol. 2 No. 1, pp. 18.

Аnholt, Simon. (2007). Compеtitivе idеntity: Thе nеw brаnd mаnаgеmеnt for nаtion, citiеs аnd rеgions. USА:Pаlgrаvе Mаcmillаn.

Duncan, Tom. (2008). Principles of Advertising and IMC 2nd edition. Mc Graw-Hill International Edition.

Gеtz, Donаld dаn Pаgе, Stеphеn J. (2015). Progrеss аnd prospеcts for еvеnt tourism rеsеаrch. Tourism Mаnаgеment. Vol xxx, pp 1-39.

Hoyle, Leonard H. (2006). Event Marketing. Jakarta: Penerbit PPM

Jannah, Bridiatul., Arifin, Zainul., Kusumawati, Andriani. (2014). Pengaruh City Branding dan City Image terhadap Keputusan ke Banyuwangi. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 17 No. 1 Desember.

Kаvаrаtzis, M. аnd Аshworth, G.J. (2007). “City Marketing the past, the present and some unresolved issues”, Geography Compass, Vol. 1 No 3, pp. 695-712.

Kennedy, Jhon E. (2009). Manajemen Event. Jakarta: penerbit BPI.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). “Principles of Marketing 15th edition”. Pearson Education, Inc.

Miller Merrilees, D and Herington. (2009). “Antecedents of residents’ city brand attitudes” Journal of Business Research. No. 62, hal. 362.

Moilаnеn, Tееmu аnd Rаinisto. (2009). How to brаnd nаtions, citiеs аnd dеstinаtions, а plаnning book for plаcе brаnding. USА: Pаlgrаvе Mаcmillаn.

Pakarti, Swastika,. Kusumawati, Andriani,. Mawardi, M Kholid. (2017). Pengaruh City Branding dan Event Pariwisata Terhadap Keputusan Berkunjung Serta Dampaknya Pada Minat Berkunjung Kembali ke Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 47 No.1 Juni.

Roostika, Ratna. (2012). Citra Merek Tujuan Wisata dan Perilaku Wisatawan: Yogyakarta sebagai Daerah Tujuan Wisata. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. Vol. 1 No. 1 April.

Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2010). Consumer Behaviour, Edisi 10. New Jersey: Pearson Education Limited.

Wandari, Lita Ayu,. Kumadji, Srikandi., Andriani. (2014). Pengaruh City Branding “Shining Batu” terhadap City Image dan Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 16 No. 1 November.

Yananda, Salamah. (2014). Branding Tempat: Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi Berbasis Identitas. Jakarta: PT Makna Informasi Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i2.4123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com