Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Bank Umum Non Devisa Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2011-2016)

Arif Khoirudin Zuhri, Justina Ade, Musdalifah Aziz

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana bank umum non devisa dalam meningkat kinerja keuangannya, yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penerapan tanggung jawab sosial dan Tata Kelola Perusahaan yang baik adalah salah satu cara dalam meningkatkan kinerja perbankan. Berdasarkan latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah atau tidak ada pengaruh Corporate Social Responsibility dan Corporate Governance itu terdiri dari Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Komisaris Independen dan Ukuran Komite Audit baik secara bersamaan maupun parsial terhadap  kinerja perbankan umu non devisa di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 7 perusahaan perbankan dari tahun 2011 hingga tahun 2016. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan yang diambil di www.idx.co.id dan Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM). Variabel independen yang digunakan oleh peneliti adalah Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance. Peneliti juga menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengaruh Corporate Social Responsibility dan Corporate Governance memberikan pengaruh secara simultan terhadap kinerja perusahaan; (2) Corporate Social Responsibility tidak memberikan pengaruh secara parsial kepada kinerja perusahaan dan Good Corporate Governance: Dewan Komisaris, dan Ukuran Komite Audit tidak mempengaruhi kinerja perusahaan dan Ukuran Direksi dan Komisaris Independen yang memberikan pengaruh sebagian dengan kinerja perusahaan.

Keywords


Corporate Social Responsibility;Good Corporate Governance;Kinerja Perusahaan

References


Ahmar dan Kurniawan, 2007. “Analisis Profitabilitas Sebelum dan Sesudah Pemenuhan Corporate Governance pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public di Bursa Efek Jakarta,” Jurnal MAKSI. Vol 7 N0 3,Agustus.

Almilia, Luciana Spica dan Ikka Retrinasari. 2007. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Kelengkapan Pengungkapan dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ. Proceeding Seminar Nasional dalam Menghadapi Perubahan Lingkungan Bisnis FE Universitas Trisakti Jakarta.

Anggraini, R.R. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang terdaftar Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi IX (Padang).

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Bank Indonesia. 1998. UU No.10 tahun 1998, Tentang Perubahan Terhadap UU

Beiner, S., W. Drobetz, F. Schmid dan H. Zimmermann. 2003. “Is Board Size An Independent Corporate Governance Mechanism?”. http://www.wwz.unibas.ch /cofi/publications/ papers/2003/06.03.pdf.

Budiarta, Ketut, 2008. Buletin Studi Ekonomi Volume 13 Nomor 2 : Cara Pandang Undang-Undang RI No. 40 Tahun 2007 Dan Undang-Undang RI No 17 Tahun 2000 Terhadap Corporate Social Responcibility (CSR).Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Denpasar.

Chtourou et al, (2001) Corporate Governance and Earnings Management.Working Paper. Universite Laval, Quebec City, Canada. April anafi, Mamduh dan Abdul Halim. 2003.Analisis Laporan Keuangan. EdisiRevisi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. Corporate Social Reporting. Journal of Accounting and Public Policy 24: 391-430.

Dahlia, D. dan Siregar. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang. dan R&D. Bandung: Alfabeta

Darmawati, D. dkk, 2004. Hubungan Corporate Governance dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol.8, No. 1.

Darwin, Ali. (2004). Corporate Social Responsibility (CSR), Standards & Reporting. Seminar Nasional Universitas Katolik Soegijapranata.

Devi, Rina Puspita. 2016. Pengaruh Free Cash Flow dan Kinerja Keuangan Terhadap Earning Management Dimoderasi oleh Good Corporate Governance. Jurnal Riset dan Akuntansi. Vol 5, No 2

Eddy, Rismanda Sembiring. (2005). “Karakteristik Perusahaan Dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Studi Empiris Pada PerusahaanYang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta”. Simposium Nasional Akuntansi IV.

Epstein, M. J., dan Freedman, M. (1994). Social disclosure and the Individual investor. Accounting, Auditing and Accountability Journal. Vol. 7: 94-109.

FCGI. (2001). Peranan Dewan Komisaris dan Komite Audit dalam Pelaksanaan corporate governance (Tata Kelola Perusahaan). Jilid II. FCGI. Edisi ke-2.

Fox, T., H. Ward B., and Howard, (2002), Public Sector Roles in Strengthening Corporate Social Responsibility: A Baseline Study, The World Bank

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam dan Anis Chariri.(2007).Teori Akuntansi Edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Gray, et. al. 1995. Corporate Social and Environmental Reporting: A Review of Literature and a Longitudinal Study of UK Disclosure. Accounting, Audiitng, and Accountability Journal, Vol.8 No 2: 47-76.

Hackston, David and Markus J. Milne, (1996). “Some Determinants of Social and Environmental Disclosure in New Zealand Companies”. Accounting,Auditing, and Accountability Journal, Vol. 9 No. 1, p. 7-100.

Heal, Geoffrey, dan Garret Paul. 2004. “Corporate Social Responsibility, An Economic and Financial Framework”. Columbia Business School.

Hanafi, Mamduh M. dan Abdul Halim, 2014, Analisis Laporan Keuangan., Edisi tujuh., UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Haniffa, R.M., dan T.E. Cooke. 2005. The Impact of Culture and Governance on

Heal, Geoffrey, dan Garret, Paul. 2004. “Corporate Social Responsibility, An Economic and Financial Framework”, Columbia Bussiness School. Kurniawan, Chandra, “ Studi Tentang Penerapan dan Pelaporan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk”, http://pustaka-akuntansi.co.cc/ (dilihat tanggal 21 Maret 2009).

Herawati, Vinola. 2008. Peran Praktek Corporate Governance sebagai Moderating Variabel dari Pengaruh Earnings Management terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional AkuntansiXI, IAI, 2008.

Jensen, M.C. and Meckling, W.H. “Theory of the firm: managerial behavior, agency cost, and ownership structure” Journal of Financial Economics, Vol. 76, pp. 305-360,1976.

Kasmir. 2003. Bank Dan Lembaga Keuangan lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

KNKG. 2004. Pedoman Good Corporate Governance Perbankan Indonesia. Jakarta.

Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG). (2006). Pedoman Umum Good Corporate Governance di Indonesia. Jakarta.

Lastanti, Hexana Sri. 2004. “Hubungan Struktur Corporate Governance dengan Kinerja Perusahaan dan Reaksi Pasar,” Konferensi NasionalAkuntansi: Peran Akuntan dalam Membangun Good Corporate Governance. Sujatmoko, Dody. 2007. Evaluasi Kinerja Sosial pada Perusahaan Perhotelan di Jawa Tengah dan DIY.Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Lestari, Ekowati Dyah, 2011, “Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan(Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2009)”, Skripsi, Semarang: Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.

M, Reny Dyah Retno dan Denies Priantinah. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Nominal Vol. I No. I 2012.

Murwaningsari, Etty, 2009, “Hubungan Corporate Governance, Corporate Social Responsibilities, dan Corporate Financial Performance dalam Satu Continuum”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 11, No. 1, hal. 30 –41. No. 7 tahun 1992, Jakarta

Nugroho, Faizal Adi. (2014). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Karakteristik Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Jurnal Undip

Nurlela, R dan Ishlahuddin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating”. Simposium Nasional Akuntansi XI.Pontianak.

Nuswandari, Cahyani. 2009. Pengaruh Corporate Governance Perception Index Terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. September 2009, hal. 70-84.

Paranita, Ekayana Sangkasari. 2007. Analisis Pengaruh Inseder Ownership, Kebijakan Hutang, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. ASET. Volume 9 Nomor 2. Agustus

Pearce dan Robinson.(2008). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat

Pfeffer, J., dan G. Salancik. 1978. The External Control of Organizations: A Resource Dependence Perspective, New York: Harper Row.

Rahayu, Sri.2010. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta)”. Skripsi. FE. Universitas Diponegoro

Sayekti, Yosefa dan Wondabio, L.S. 2007. Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earning Response Coefficient (Suatu Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi X, Makassar.

Sembiring, Eddy Rismanda. 2003. Kinerja Keuangan, Political Visibility, Ketergantungan pada Hutang dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi VI, Surabaya.

Sembiring, Edi Rismanda. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial : Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII, Solo.

Siallagan, Hamonangan dan Machfoedz, Mas’ud. 2006, Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan, Simposium Nasional Akuntansi IX, Agustus.

Sugiyono. (2002). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,

Sujatmoko, Dody. 2007. Evaluasi Kinerja Sosial pada Perusahaan Perhotelan di Jawa Tengah dan DIY. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sunarwan, Eko. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta

Wahid Sulaiman, 2004, Analisis-Analisis Regresi menggunakan SPSS, Yogyakarta : ANDI.

Suranta, Eddy dan Mas’ud Machfoedz, 2003, “Analisis Struktur Kepemilikan, Nilai Perusahaan, Investasi, dan Ukuran Dewan Direksi”, Simposium Nasional Akuntansi VI, hal. 214 – 226.

Tjager, I.N., Alijoyo, F. A., Djemat, H.R., dan Soembodo, B. (2003). Corporate Governance. Jakarta: Prenhallindo.

Undang-undang No 10 Tahun 1998 Perubahan Undang-undang No 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Undang-undang R.I. No 23 Th.1999 Tentang Bank Indonesia

Velnampy, T 2013, ‘Corporate Governance and Firm Performance: A Study of Sri Lankan Manufacturing Companies’, Journal of Economic and Sustainable Development, Vol. 4, No. 3.

Verrecchia, R. 1983. Discretionary Disclosure. Journal of Accounting and Economics, Vol.5(3). Pp.179-194.

Wahid Sulaiman, 2004, Analisis Regresi Menggunakan SPSS, Yogyakarta : Andi Offset

Widagdo, D. O. K. (2014). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi Universitas Diponegoro Semarang.

Yuniarti, Chitya. (2014). “Pengaruh Good Corporate Govermance pada Perusahaan High Profil yang Listing di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013”. Skripsi Dipublikasikan. Universitas Diponegoro Semarang.

www.idx.co.id diakses pada tanggal 27 Oktober 2017




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i2.4118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com