Faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi dan kinerja polisi di kepolisian resor (polres) kutai kartanegara

Anisa Finda Wijaya, Yonathan Pongtuluran, Irwan Gani

Abstract


Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara dibentuk sebagai alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibnas), penegak hukum (gakkum) serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan bagi masyarakat dalam rangka terciptanya keamanan dalam di Daerah Kutai Kartanegara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner terhadap 100 responden (karyawan polisi di Polres Kutai Kartanegara).  Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan, kualitas kerja dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi di Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara, adapun budaya organisasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap komitmen organisasi di Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara.  Gaya kepemimpinan dan kualitas kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan polisi di Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara, adapun budaya organisasi berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap kinerja karyawan polisi di Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara, kompensasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan di Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara.  Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara. Fenomena atau variasi diketahui bahwa variabel komitmen organisasi dipengaruhi oleh variabel gaya kepemimpinan, budaya organisasi, kualitas kerja dan kompensasi sebanyak R-Square 0,362 atau sebesar 36,2% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.  Sedangkan variabel kinerja karyawan polisi dipengaruhi oleh variabel gaya kepemimpinan, budaya organisasi, kualitas kerja dan kompensasi sebanyak R-Square 0,892 atau sebesar 89,2% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.


Keywords


gaya kepemimpinan; budaya organisasi; kualitas kerja; kompensasi; komitmen organisasi; kinerja karyawan polisi

References


Ambar, Teguh, Sulistiana. 2004. Kemitraan dan Model-model Pemberdayaan, Gala Media. Yogyakarta.

As’ad, Moh. 1999. Psikologi Industri. Liberty. Yogyakarta.

Aritonang, Lerbin. R. 2005. Kepuasan Pelanggan. Pengukuran dan Penganalisisan Dengan SPSS. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Greenberg, Jerald dan Baron, Robert A. 1990. Perilaku Organisasi. Jakarta.

Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.

Husaini, Usman dan Purnomo, Setiady. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Hilton, Perry Roy and Brownlow, Charlotte. 2004. SPSS Explained, East Sussex : Routledge.

Husnawati, A. 2006. Analisis Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen dan Kepuasan Kerja Sebagai Intervening Variabel (Studi pada Perum Pegadaian Kanwil VI Semarang). Tesis Pascasarjana UNDIP. Semarang.

Jusuf Anwar. 2005. Pasar Modal sebagai Sarana Pembiayaan. PT. Alumni. Jakarta.

Kaihatu, Thomas S. 2006. Good Corporate Governance dan Penerapannya di Indonesia, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Universitas Kristen Petra, Vol. 8, No. 1. Surabaya.

Kuntjoro, Z. S. 2002. Komitmen Organisasi. Diakses tanggal 01 Desember 2017. http://teknikkepemimpinan. blogspot.co.id/2013/03/komitmen-organisasi.html

Luthans, Fred. 1998. Organisasi Behavior, Eight Edition. McGraw-Hill Internasional Book Company, New York.

Luthans, Fred. 2006. Prilaku Organisasi. Edisi Kesepuluh. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Mangkunegara, Prabu, Anwar, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Matutina. 2001. Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Dan Kinerja Karyawan Pada Giant Pulosari Malang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Malang.

Miftah Thoha. 2003. Kepemimpinan Dalam Manajemen. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Nilawati, Agus. 2014. Pengaruh Perencanaan Sumberdaya Manusia dan Kepemimpinan serta Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman. Jurnal. eJournal Administrative Reform, 2014, 2 (3): 1993-2005 ISSN 2338-7637, ar.mian.fisip-unmul.ac.id

Noermijati dan Risti, O. 2010. Upaya Peningkatan Kepuasan Kerja Anggota Kepolisian Melalui Pemenuhan Kebutuhan Dan Kompensasi. Jurnal Aplikasi Manajemen, 8 (2).

O’ Reilly, C.A. 1989. Corporation’s Culture And Commitment: Motivation And Social Control In Organizations.California Managemen. Review, 31(4).

Prawirosentono, Suyadi. 2000. Manajemen Operasi: Analisis dan Studi Kasus, edisi ke 2 cetakan ke1. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Putrana. Yoga, Fathoni. Azis, Warso. Moh. Mukeri. 2016. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT. Gelora Persada Mediatama Semarang. Journal Of Management, Volume 2 No.2. Universitas Pandanaran. Semarang.

Putri. Ratno. Rastry. 2012. Hubungan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Biro Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Jasa Marga (Persero) TBK. Skripsi. Universitas Indonesia. Depok.

Rivai, Veithzal, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Rivai, Veithzal dan Basri. 2005. Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Robbins, Stephen. 2006. Prilaku Organisasi. PT Indeks. Jakarta.

Robbins, SP dan Judge. 2007. Prilaku Organisasi. PT Indeks. Salemba Empat. Jakarta.

Republik Indonesia. Undang-Undang Pasal 13 No. 2 Th. 2002 Tentang :Kinerja Anggota Polri.

Santoso, S. 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.

Sapitri. Ranty. 2016. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Listrik Negara Area Pekan Baru. Jurnal Skripsi. Universitas Riau. Pekan Baru.

Siagian, P. Sondang. 2005. Fungsi-Fungsi Manajemen. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Spector, P. E. 2000. Industrial and organizational psychology.Research and Practise. USA: Inc.

Sopiah., 2008., Perilaku Organisasional., Andi Offset., Yogyakarta

Sopiah., 2010., Perilaku Organisasional., Andi Offset., Yogyakarta

Sudarmanto. 2005. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM: Teori, Dimensi Pengukuran dan Implementasi Dalam Organisasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Alfabeta. Bandung.

Sumarto. 2009. Meningkatkan Komitmen Dan Kepuasan Untuk Menyurutkan Niat Keluar. UPN Jawa Timur Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.11 (2).

Supardo, Wijaya. 2006. Teori, Prilaku, dan Budaya Organisasi. Refika Aditama. Bandung.

Suwati, Yuli. 2013, Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Tunas Hijau Samarinda.Jurnal. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 2013, 1 (1): 41-55 ISSN 0000-0000, ejournal.adbisnis.fisip-unmul.org.

Suryadharma, Adi, Made, I. 2016. Pengaruh Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. BPR Sri Artha Lestari Denpasar). Jurnal. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.2 (2016).

Widyastuti, Dina, Amaylia. 2017, Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Aparatur di Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal. eJournal Administrative Reform, 2017, 5 (1): 55-68 ISSN 2338-7637, ar.mian.fisip-unmul.ac.id.

Wijono, S. 2010. Psikologi Industry & Organisasi. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Willson and Heyyel. 1987. Hand Book Of Modern Office Management and Administration Service. McGraw Hill Inc. New Jersey.

Yamin, Sofyan, Lien A. Rachmach dan Heri Kurniawan. 2009. Regresi Dan Korelasi Dalam Genggaman Anda. Salemba Empat. Jakarta.

Yuwono, Ino. 2005. Psikologi Industri dan Organisasi. Cetakan Kesatu. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i2.4067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com