Pengaruh negara asal dan citra merek terhadap persepsi kualitas dan keputusan pembelian smartphone samsung (studi pada pengguna dan pembeli smartphone samsung di kota samarinda

MAULANA IBRAHIM, Theresia Militina, J Kuleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Negara Asal dan Citra Merek Terhadap Persepsi Kualitas dan Keputusan Pembelian pada pengguna dan pembeli Smartphone Samsung di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan path analysis yang diolah dengan software SPSS dan SEM AMOS. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 180 orang. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrument berupa kuisioner dengan skala likert 5. Dalam penelitian ini dilakukan uji asumsi klasik, selanjutnya dilakukan uji structural model fit. Berdasarkan model structural dapat dibuktikan bahwa negara asal berpengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas. Persepsi kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil lainnya adalah negara asal berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya smartphone Samsung tetap menonjolkan citra merek untuk membantu meningkatkan persepsi kualitas agar mendorong konsumen melakukan keputusan pembelian.


Keywords


Negara Asal; Citra Merek; Persepsi Kualitas; Keputusan Pembelian

References


Aaker, David A. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Cetakan Pertama. Jakarta: Mitra Utama.

Aberdeen, Naufal Iza., Syamsun, Muhammad., and Najib, Mukhamad. 2016. The Effect of Brand Awareness and Image on Consumer Perceived Quality and Purchase Intention – A Study Case of Carbonated Drink Brand at Bogor City. Intenational Journal of Scientific and Research Publications, Vol 6, Issue 8 ISSN 2250-3153

Alamsyah, Doni Purnama and Angliawati, Ria Yuli. December 2015. Buying Behavior of Organic Vegetables Product : The Effects of Perceptions of Quality and Risk. International Journal of Scientific & Technology Research. Vol.4 Issue 12

Chusnah, Faridlotul., Hadi, Sudharto P., dan Suryoko, Sri. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Lux Pada Mahasiswa S-1 FISIP UNDIP Semarang. Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science. Hal. 1-8

Dinata, Jovita S., Kumadji, Srikandi., dan Hidayat, Kadarisman. Agustus 2015. Country of Origin dan Pengaruhnya Terhadap Persepsi Kualitas dan Minat Beli (Survei pada Calon Konsumen yang Berminat Membeli iPad di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.25 No. 1

Durianto, Darmadi, Sugiarto dan Sitinjak. 2004. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan Ketiga PT Gramedia Pustaka Utama.

Foster, Bob. 2016. Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis” (Case Study on Bintang Trading Company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences. Vol.2

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, JF Andorson, R., Tatham, R., and Black, W. 1995. Multivariate Data Analysis. Fourth Edition. United States of America. Prenfice-Hall PTR.

Javed, Asad and Syed Amjad Fari Hasnu. 2013. Impact of Country-of-Origin on Product Purchase Decision. Journal of Marketing and Consumer Research – An Open Access International Journal, Vol.1

Keller, Kevin Lane. 2003. Strategic Brand Management, Building,Measuring, and managing Brand Equity. United States of America. Prentice Hall PTR.

Kotabe, Masaki and Kristian Helsen. 2010. Global Marketing Management. 5th Edition. New York : Jon Wiley & Sons.

Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, Edisi ke-8. Jakarta. Penerbit Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management. 15th Global Edition. United States of America. Pearson Education, Inc

Lin, Long-Yi and Chen, Chun-Shuo. 2006. The Influence of The Country-of-Origin Image, Product Knowledge and Product Involvement on Consumer Purchase Decisions : An Empirical Study of Insurance and Catering Services in Taiwan. Journal of Consumer Marketing. Vol.23 No.5 pp 248-265

Permana, Magyar Slamet dan Haryanto, Jony Oktavian. 2014. Pengaruh Country of Origin, Brand Image dan Persepsi Kualitas Terhadap Intensi Pembelian. Jurnal Manajemen. Vol XVIII, No.03 Hal : 365-380

Rares, Angelina dan Jorie, Rotinsulu Jopie. 2015. Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Bengkel Gaoel Manado Town Square. Jurnal EMBA. Vol.3 No.2 Hal. 592-604

Roth, Martin S and Jean B. Romeo. (1992) "Matching product category and country image perceptions : a framework for managing country of origin effects". Journal of international busines studies. Vol.23, No.3, pp 477-497.

Saydan, Reha. March 2013. Relationship between Country of Origin Image and Brand Equity : An Empirical Evidence in England Market. International Journal of Business and Social Science. Vol.4 No.3

Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie Lazar. 2007, Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Ahli bahasa : Drs. Zoelkifli Kasip. Jakarta. PT Indeks

Schivinski, Bruno and Dabrowski, Dariusz. 2013, The Impact of Brand Communication on Brand Equity Dimensions and Brand Purchase Intention Through Facebook, Working Paper Series A Economics, Management, Statistics., No.4 1-12

Setiadi, Nugroho. J. 2003. Perilaku konsumen : konsep dan impikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta : Prenada Media

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional Jilid II. Jakarta. Salemba Empat.

Sugiarto, Rizky Iryanita Y. 2013. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk ATBM Pekalongan). Diponegoro Journal of Management. Vol.2 No.2 Hal.1

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis, Bandung. CV Alfa Beta

Suria, Nurina Nadhifi., Kusumawati, Andriani., dan Pangestuti, Edriana. September 2016. Pengaruh Country of Origin Terhadap Citra Merek dan Dampaknya bagi Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Uniqlo di Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.38 No.1

Susanto, A.B dan Wijanarko, Himawan. 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya, Penerbit Quantum Bisnis & Manajemen. Cetakan Pertama, Jakarta. PT Mizan Publika

Tati, Putri Wahyu., Suharyono., dan Yulianto, Edy. 2015. Pengaruh Country of Origin dan Global Brand Image Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen yang Membeli Smartphone Samsung Galaxy di Asia Tenggara). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.25 No.1

Tulipa, Diyah and Ninuk Muljani. October 2015. The Country of Origin and Brand Image Effect on Purchase Intention of Smartphone in Surabaya-Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, Vol.6, No.5.

Yee, Choy Jhonn., San, Ng Cheng., and Khoon, Ch’ng Huck. 2011. Customers’ Perceived Quality, Perceived Value, and Perceived Risk Towards Purchase Decision on Automobile. American Journal of Economics and Business Administration. 3. 47-57

Begawei.com. 2016. Samsung Masih Rajai Pasar Global Meski Penjualan Menurun (online). (http://www.begawei.com/2016/11/samsung-masih-rajai-pasar-global-meski-penjualan-menurun) diakses 18 September 2017




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i2.4011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com