Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan kapal jelajah sungai mahakam

Authors

  • Siti Qomariah Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Theresia Militina Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Herning Indriastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

DOI:

https://doi.org/10.29264/jimm.v4i2.3982

Keywords:

kualitas layanan, harga, kepuasan pelanggan, kesetiaan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan pada Mahakam River Cruise di Kota Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada sampel yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data-data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan Metode Partial Least Square (PLS). Temuan menunjukkan bahwa: 1) Kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan; 2) Harga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan; 3) Kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan; 4) Kualitas layanan memiliki pengaruh tidak signifikan positif terhadap kesetiaan, dan; 5) Harga memiliki nilai signifikan positif terhadap loyalitas.

References

Armstrong, Gary., Kotler, Phillip. 2009. Marketing: An Introduction, 13th Edition. New Jersey: Pearson.

Ghozali, Imam. 2011. Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goetsh, D.L., and Davis, S. 1994. Introduction to Total Quality: Quality, Productivity, Competetitiveness. New Jersey: Prentice Hall

Koran Tempo. 2017. Pemerintah Kembangkan Wisata Kapal Pesiar Sungai Mahakam. http://tempo.co/news/2017/02/17. Diakses pada 1 Maret 2017

Lovelock, Christopher., dan Wright, Lauren K. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks

Lusch, Robert F., Dunne, Patrick M., and Carver, James R. 2011. Introduction to Retailing. South Western College/West

Mas’ud, Fuad. Survei Diagnosis Organisasional Konsep dan Aplikasi. Semarang: Badan Penerbit BP-UNDIP.

Mowen, John C., dan Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Peter, Paul J., and Olson, Jerrie Corrie. 2010. Consumer Behavior and Marketing Strategy. McGraw-Hill

Sekaran, Uma, Bougie, Roger. 2010. Research Methods for Business: A Skill Building Approach. Haddington: John Wiley & Sons

Tjiptono, Fandy., Gregorius, Candra. 2005. Pemasaran Jasa. Surabaya: Penerbit Bayu Publishing.

Utomo, Priyanto Doyo. 2006. Analisis Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Operator Telepon Seluler. Skripsi. Universitas Gajah Mada.

Zeithaml, Valerie A., Bitner, Mary Jo, and Gremler, Dwayne D. 2009. Services Marketing: Integrated Customer Focus Across the Firm, Fifth Edition. New York: McGraw-Hill Companies Inc.

Published

2019-06-11

Issue

Section

Articles