Pengaruh karakteristik individu dan karakteristik pekerjaan serta karakteristik organisasi terhadap kinerja pegawai

Jenny Nova, Zainal Ilmi, Jiuhardi Jiuhardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik individu, karakteristik pekerjaan dan karakteristik organisasi terhadap kinerja pegawai secara bersama-sama atau parsial. Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan model hubungan sebab akibat. Populasi penelitian berjumlah 125 pegawai. Dari populasi tersebut kemudian diambil sampel menggunakan formulasi Slovin menghasilkan sebanyak 96 sampel penelitian atau responden. Sesuai dengan permasalahan yang ada dan arah penelitian, maka model analisis yang digunakan di dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan bantuan softwere SPSS versi 16. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model hubungan sebab akibat, dengan menguji pengaruh diantara variabel. Variabel tersebut adalah karakteristik individu (X1), karakteristik pekerjaan (X2) dan karakteristik organisasi (X3) yang mempengaruhi kinerja pegawai (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik individu, karakteristik pekerjaan dan karakteristik organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Timur baik secara parsial maupun bersama-sama. Secara parsial pengaruh karakteristik individu sebesar 44.4 %, karakteristik pekerjaan sebesar 26.8 % dan karakteristik organisasi sebesar 25.6 %. Sementara itu secara bersama-sama mempunyai pengaruh sebesar 71.20 %.


Keywords


Karakteristik individu, karakteristik pekerjaan, karakteristik organisasi, kinerja pegawai

References


A.F. Stoner, James. 2006. Manajemen Tenaga Kerja, Erlangga, Jakarta.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2006. Manajemen Sumber daya Manusia. Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto. 2007. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta, Rineka Aksara.

Barnes, James G. 2004. Secret Of Customer Relationship Management. Andi, Yogyakarta.

Gardon B. 2008. Kerangka Dasar: Sistem Informasi Manajemen, Bagian I. Jakarta, Pustaka Binawan Pressindo,

Gibson. 2006. Manajemen Kinerja, Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Gibson. 2007. Organisasi Perilaku – struktur – proses, Terjemahan, Edisi V. Jakarta, Penerbit Erlangga.

Gitosudarmo. 2008. Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE – Yogyakarta.

Griffin. 2004. Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan. Jakarta, Airlangga.

Hasibuan. 2010. Manajemen, Dasar, pengertian, dan Masalah. Jakarta, Bumi Aksara.

Henry, Simamora. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 2. STIE YKPN.

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung, Alfabeta.

Husein Umar. 2008. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta. Erlangga.

Irawan. 2007. Manajemen Pemasaran Modern, FE UGM, Yogyakarta.

Kurniawati. 2007. Perilaku Organisasi. Edisi Revisi. Surabaya. Citra Media.

Maholtra. N.K. 2004. Marketing Research: An Applied Orientation. 4th Edition. New Jersey. Pearson Education Inc.

Mathis Robert L. dan Jackson John H. 2006. Human Resource Management. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Okpara. 2006. Manajemen Sumber daya manusia. Jurnal Manajemen. Vol 10, 3:4:13.

Prawirosentono. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid I. Edisi 10. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Ridwan. 2002. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Jakarta, Alfabeta.

Robbins Stephen P. 2007. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Edisi Kelima, Erlangga, Jakarta.

Santoso, Singgih. 2002. Menggunakan SPSS dan Exel untuk Mengukur Sikap dan Kepuasan Konsumen. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.

Simamora. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi III, STIE YKPN, Yogyakarta.

Soeprihanto. 2007. Manajemen dan Evaluasi Kinerja (Edisi 3), lembaga Penerbit FEUI.

Stoner, James A.F. 2012. Manajemen, Jilid Kedua, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Penterjemah: Agus Maulana dkk, Erlangga, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i2.3907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com