Beberapa variabel yang berpengaruh pada minat pelanggan dan keputusan berlangganan televisi kabel PT Tepian Multimedia

Dety Novita Ariesty, Theresia Militina, Irwansyah Irwansyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi penurunan jumlah pelanggan TV kabel PT Tepian Multimedia di Samarinda dari tahun 2015 - 2017. Penurunan jumlah pelanggan disebabkan banyaknya pesaing yang mulai bergerak dibidang yang sama. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Citra merek, Kulaitas Layanan, Harga dan Word of Mouth melalui Minat Pelanggan terhadap Keputusan Berlangganan. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa kuesioner terhadap 100 responden yang bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Citra Merek, Kualitas Layanan, Harga, berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pelanggan. Tetapi Word of Mouth berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat pelanggan. Citra Merek, Harga, Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berlangganan. Kualitas Layanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan berlangganan. Citra Merek, Kualitas Layanan, Harga, Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berlangganan melalui minat pelanggan. Sedangkan Word of Mouth berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan berlangganan melalui minat pelanggan.

Keywords


Citra merek;Kualitas Layanan;Harga;Word of Mouth;Minat Pelanggan;Keputusan Berlangganan

References


Andryanto, Richard Darawan & Jony O, Haryanto. 2010. Analisis Pengaruh Internet Marketing terhadap Pembentukan Word of Mouth dan Efektivitas Iklan dalam meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 13, No.1, Agustus 2014. Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro. Semarang.

Bambang Pujadi, 2001, Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek, dan Kualitas Pesan Iklan terhadap Minat Beli Melalui Sikap (Kasus pada Merek Pasta Gigi Close Up di Semarang).Undip.

Bilson, Simamora. 2002. Remarketing for Business Recovery. PT. Gramedia Pustaka Utama . Jakarta

C. Mowen,John. And Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Penerbit Erlangga Jakarta.

David, Garson. 2003. Aplikasi Amos. Penerbit PT.Gramedia Utama. Jakarta.

Durianto, D. dan C. Liana (2004). “ Analisis Efektifitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan sekitarnya menggunakan Consumer Decision Model”. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 11 (1):35-55.

Dwi Priyatno. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17 . Penerbit Andi . Yogyakarta.

Engel, James et al. 2006. Consumer Behaviour. Permissions. Department, Thomson Business and Economics. Mason

Ferrinadewi. Erna 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta

Garvin, Daniel dan A. Dale Timpe. 2005. Seri Ilmu dan Seni Manajemen Bisnis. “Kinerja”. Jakarta: Gramedia Asri Media. Ghozali, Imam.

Hasan, A. 2010. Marketing Dari Mulut Ke Mulut. Media Pressindo. Yogyakarta.

Herlambang, Dimas A. 2013. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan pada Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada maskapai Sriwijaya Air Tarakan). Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Penerbit UNDIP. Semarang

Ikanita Novirina Sulistyari. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas

Produk, dan Harga terhadap Minat Beli Produk Oriflame. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Keller, Kein Lane, 1998, Strategic Brands Management : Building, Measuring and Managing Brand Equity, New Jersey:Prenticw Hall Inc.

Kotler, P and Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa Bob Sabran. Edisi 13, jilid 2. Penerbit PT. Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Dialih bahasakan oleh: Bob Sabran. Edisi 12, Jilid 2. Erlangga. Jakarta.

Littlejohn, Stephen dan Karen Foss. 2014. Teori Komunikasi. Dialih bahasakan oleh: Mohammad Yusuf Hamdan. Penerbit Salemba Humanika. Jakarta.

Lovelock, Cristopher H. dan Wright, Lauren K. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Maghfiroh, As’alul dan Arifin Zainul dan Sunarti. 2016. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Indosat Ooredoo. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.40 No.1 November 2016.

Mahendrayasa, Andhanu.2014. Pegaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survey pada mahasiswa Pengguna Kartu Seluler GSM “IM3” Angkatan 2011/2012 dan 2012/ 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang).

Malhotra, Naresh K. 2006. Riset Pemasaran (Pendekatan Terapan). Terjemahan soleh rusadi M. Penerbit Indeks. Jakarta

Moleong, Lexy J. (2010), Metodologi penelitian kualitatif , Remaja Rosdakarya, Bandung

Novansa, Hafizh dan Ali, Hapzi. 2017. Purchase Decision Model : Anlysis of Brand Image, Brand Awereness and Price ( Case Study SMECO Indonesia). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences. Vo.2 Iss.8.

Octaviona, Nanda. 2016. Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gadget Di Toko Suryaphone Samarinda. eJournal Psikologi, 4, (4) 2016 : 397 – 407.

Parasuraman, A. Valerie A. Zeithmal, dkk. 1988. ”A Conceptual Model of Service Quality and its Implications for Future Research”. Dalam Journal of Marketing. Vol 49 (Fall 1985),41-50

Prasastiningtyas,Tabhita Ratna.(2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 7. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Riduan dan Kuncoro Achmad Engkos 2014 Cara Menggunakan dan memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Jakarta.

Romadhoni, Muhammad. 2015. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa UNY.

Rosen, H.S. 2002. Public Finance. Edisi Keenam. Mc-GrawHill Book. Co. New York.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah, 2013 Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian

Sari, Fanny Puspita. 2016. Pengaruh Harga Citra Merek dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. STIESIA Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 5 No. 6 Juni 2016.

Schiffman, Leon G., Kanuk, Leslie Lazar. 2007. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Indeks. Jakarta.

Sekaran, Umar. 2007. Research Methods For Business. Jilid 2. Alih Bahasa: Kwan Men Yon. Salemba Empat. Jakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2003, Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta

Severi, Erfan., Kwek Choon Ling., & Amir Nasermoadeli. 2014. The impacts of Electronic Word of Mouth on Brand Equity in the Context of Social Media. International Journal of Business and Management. Vol. 9, No. 8 : 84 – 96.

Sheilla, Eva. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Minat Beli dan dampaknya pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Telepon Sony Ericson di Kota Semarang) Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro 2007

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan keempat, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sundalangi. Marchelyno. 2014. Produk, Daya Tarik Iklan, dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Pizza Hut Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA Vol.2 No.1 Maret 2014, Hal.313-324.

Sumarwan, U. 2008. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Bogor Selatan.

Sutisna dan Pawitra (2001), Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran . PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Penerbit : BPFE. Yogyakarta.

Sunyoto, Danang. 2010. Metodologi Penelitian Ekonomi. CAPS. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2006.Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Andi Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2014.Pemasaran Jasa. : Penerbit Andi Yogyakarta

Wagean, Ryanto Hariandy dan Mandey, Silvya L. 2014. Analisis Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Mobil ALL NEW KIA RIO di Kota Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA Vol.2 No.3 September 2014, Hal.1715-1725.

Yoestini dan Eva. S (2007). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. No.3. Vol. VI. Hal. 261-276.

Zaman, Rashid. 2014. Impact of Brand Image and Service Quality on Consumer Purchase Intention. Bahria University Islamabad. Pakistan. International Jornal Vo.4, No.22.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i2.3897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com