Pengaruh modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan leasing yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2009-2015 effects of working capital to profitability from registered leasing firm in indonesian stock exchange in period 2009-2015

MUHDIN NOOR, Ardi Paminto, Rizky Yudaruddin

Abstract


Tingginya kebutuhan konsumsi masyarakat yang tidak diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi menyebabkan ketidakseimbangan. Hal ini memicu masyarakat untuk mencari alternatif lain untuk memenuhi kebutuhannya, salah satunya dengan sewa guna usaha atau leasing. Semakin menjamurnya perusahaan leasing di Indonesia memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dengan sistem kredit. Seperti halnya perusahaan lainnya, perusahaan leasing juga bertujuan untuk mencari laba atau profit yang maksimal. Tinggi rendahnya laba atau profit yang dihasilkan oleh suatu perusahaan mencerminkan kemampuan perusahaan untuk bertahan hidup, tumbuh dan berkembang serta tangguh menghadapi persaingan. Tinggi rendahnya profit atau laba suatu perusahaan diukur menggunakan rasio profitabilitas. Banyak hal yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya profitabilitas suatu perusahaan. Salah satu faktor penentu tersebut adalah modal kerja. Modal kerja memiliki tiga komponen penting yang terdiri dari kas, piutang dan persediaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal kerja terhadap tingkat profitabilitas perusahaan. Objek penelitian pada penelitian ini adalah perusahaan leasing yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak 2009. Variabel bebas pada penelitian ini adalah perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran modal kerja. Variabel terikat pada penelitian ini adalah profitabilitas yang di proksikan dengan Return On Investment (ROI). Hasil dari penelitian ini adalah perputaran piutang dan perputaran modal kerja berpengaruh terhadap profitabilitas sedangkan perputaran kas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.


References


Anindya, Pramudita Rahajeng. 2013. Skripsi “ Pengaruh Pengelolaan Modal Kerja Dan Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Analisis Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Anek Industri Dan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2011)”. Universitas Diponegoro Semarang.

Ismanto, Alfian Lisdias. 2013. Skripsi “Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas (Studi kasus pada Pengusaha Keramik di Sentra Kerajinan Keramik di Banjarnegara)”. Universitas Negeri Semarang (diakses online pada 30 Maret 2016 melalui http://www.lib.unnes.ac.id/18010/1/ 735046509.pdf)

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Rajawali Pers.

Munawir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Edisi ke-5. Yogyakarta : Liberty bekerja sama dengan Ikatan Akutansi Indonesia (IAI) PERMENKEU No. 84/PMK.012/2006Tentang Perusahaan Pembiayaan (Diakses pada tanggal 30 April 2016 melalui http://www.sjdih.depkeu.go.id /fulltext/2006/...)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, I Made Maharta. 2011. E-Tesis “Pengaruh Risiko Usaha Dan Risiko Keuangan Terhadap Intensitas Modal Serta Profitabilitas Pada Perusahaan Pembiayaan Di Bursa Efek”. Universitas Udayana. Denpasar

Yuliati, Ni Wayan. 2013. Tesis “Pengaruh Kebijakan Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Hotel Dan Restaurant Di Bursa Efek Indonesia”. Denpasar (Diakses online melalui http://www.pps.unud.ac.id/thesis/pdf_thesis. pada tanggal 20 Februari 2016).

------------.www.idx.com. “Softfile Laporan Keuangan Perusahaan Pembiayaan Listing di bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011-2015” .

PROFIL SINGKAT

Muhdin Noor lahir pada tanggal 06 Januari 1987 di Badak I, merupakan putra keenam dari sembilan bersaudara dari Bapak Muhammad Ali dan Ibu Hartini. Memulai pendidikan tingkat dasar di Madrasah Ibtidaiyah Al-Irsyad di Amuntai, dan lulus pada tahun 2000. Pada tahun yang sama melanjutkan studi lagi ke Madrasah Tsanawiyah Model Amuntai dan lulus pada tahun 2003. Jenjang pendidikan berikutnya ditempuh pada tahun yang sama di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Amuntai dan berhasil menyelesaikan studi pada tahun 2006. Pada tahun 2010, melanjutkan kembali pendidikan akademis ke jenjang perguruan tinggi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda dengan memilih jurusan Manajemen. Pada tahun 2014, melakukan program Kerja Kuliah Nyata Angkatan XXXVIII dan bekerja sebagai staff pada Kantor Notaris Nia Nuswantari, S.H, M. Kn di Kota Samarinda hingga saat ini.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i2.3895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com