Pengaruh brand awareness, brand image, brand loyalty dan customer satisfaction terhadap customer loyalty

Wahyuni Wahyuni, Suharno Suharno, Asnawati Asnawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel Brand Awareness, Brand Image, Brand Loyalty, dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pemakai Kartu Simpati dan untuk mengetahui variabel dari Brand Awareness, Brand Image, Brand Loyalty, dan Customer Satisfaction, mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap Customer Loyalty Pemakai Kartu Simpati (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Mulawarman). Dasar teori yang digunakan adalah Manajemen Pemasaran dengan menggunakan alat analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka kesimpulan penelitian ini adalah: Dari hasil analisis diketahui bahwa fungsi regresi linier berganda adalah Y = 16,329 + 0,228 X1 + 0,228 X2 + 0,220 X3 + 0,281 X4. Hasil analisis yang diperoleh yaitu adanya pengaruh signifikan secara bersama-sama antara variabel Brand Awareness, Brand Image, Brand Loyalty, dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pemakai Kartu Simpati. Pengaruh yang paling dominan terhadap Customer Loyalty Pemakai Kartu Simpati adalah variabel Customer Satisfaction. Pada penelitian Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Brand Loyalty, dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pemakai Kartu Simpati (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Mulawarman), hipotesis yang penulis ajukan hipotesis yang pertama dapat diterima dan terbukti secara statistic, hipotesis kedua juga dapat diterima dan terbukti secara statistic.


Keywords


Brand awareness; brand image; brand loyalty; customer satisfaction dan customer loyalty

References


Armi Lestari. 2014. Pengaruh Brand Equity

(Ekuitas Merek) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Barvity (Local Brand) di Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. Samarinda

Assauri, Sofyan. 2007. Manajemen Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Buana, F.R. 2011. Pengaruh Kepercayaan Merek, Persepsi Switching Cost, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas (Studi Kasus Pada Konsumen Pertamax di Semarang), Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Toni Sijitak.

Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Penerbit : Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty “Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Konsumen”. Penerbit: Erlangga. Jakarta

Handayani, Desy & dkk. 2010. The Official MIM Academy Coursebook Brand Operation. Penerbit : Esensi Erlanggan Group. Jakarta

https://id.wikipedia.org/wiki/T

elekomunikasi_seluler_di_Indonesia http://www.telkomsel.com/abo

ut/news (Dikutip 10 Desember 2013)

http://www.telkomsel.com

Jogiyanto. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis, Salah Kaprah dan Pengalaman- pengalaman, edisi pertama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Kotler, Philip & Keller Kevin Lane. 2009.

Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas. Penerbit Erlangga : Jakarta

Kotler, Philip, dan Gery Amstrong. 2001.

Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Milenium. Penerbit: Prenhallindo. Jakarta

Nalau, Antonio. 2012. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan J.Co Donuts Dan Coffe. Samarinda. skripsi Universitas Mulawarman

Rangkuti, Freddy. 2004. The Power of Brands. Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Restiani. 2014. Pengaruh Kepuasan Nasabah

Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Customer Relationship Management sebagai Variabel Moderasi Pada BPD Kaltim Cabang Utama Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. Samarinda

Richard Andika Putra. 2015. Pengaruh Brand Awareness, Brand Experience Terhadap Loyalitas Konsumen.

Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas

Mulawarman. Samarinda

Sugiyono, 2010. Metode Penilaian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Penerbit: Alfabeta. Bandung

Sulistian, Ogi. 2011. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok Gudang Garam Filter. Kuningan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan.

Susanto, A.B, Wijanarko Himawan. 2004.

Power Branding. Cetakan 1, Penerbit : Quantum Bisnis & Manajemen (PT. Mizan Publika). Jakarta

Tjiptono ,Fandi. 2005. Strategi Pemasaran.

Edisi 1. Penerbit: Banyumedia

Publishing. Malang

Tjiptono, Fandi, dkk. 2008. Pemasaran Strategik. Penerbit: Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Manajemen Pemasaran. Penerbit: Andi. Jogyakarta

Tria Ahmadi. 2014. Analisis Pengaruh

Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas

Konsumen Kartu Simpati Di Tenggarong Seberang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. Samarinda.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i3.368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com