Pengaruh brand awareness, brand image, brand loyalty dan customer satisfaction terhadap customer loyalty
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel Brand Awareness, Brand Image, Brand Loyalty, dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pemakai Kartu Simpati dan untuk mengetahui variabel dari Brand Awareness, Brand Image, Brand Loyalty, dan Customer Satisfaction, mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap Customer Loyalty Pemakai Kartu Simpati (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Mulawarman). Dasar teori yang digunakan adalah Manajemen Pemasaran dengan menggunakan alat analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka kesimpulan penelitian ini adalah: Dari hasil analisis diketahui bahwa fungsi regresi linier berganda adalah Y = 16,329 + 0,228 X1 + 0,228 X2 + 0,220 X3 + 0,281 X4. Hasil analisis yang diperoleh yaitu adanya pengaruh signifikan secara bersama-sama antara variabel Brand Awareness, Brand Image, Brand Loyalty, dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pemakai Kartu Simpati. Pengaruh yang paling dominan terhadap Customer Loyalty Pemakai Kartu Simpati adalah variabel Customer Satisfaction. Pada penelitian Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Brand Loyalty, dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pemakai Kartu Simpati (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Mulawarman), hipotesis yang penulis ajukan hipotesis yang pertama dapat diterima dan terbukti secara statistic, hipotesis kedua juga dapat diterima dan terbukti secara statistic.
Keywords
References
Armi Lestari. 2014. Pengaruh Brand Equity
(Ekuitas Merek) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Barvity (Local Brand) di Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. Samarinda
Assauri, Sofyan. 2007. Manajemen Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Buana, F.R. 2011. Pengaruh Kepercayaan Merek, Persepsi Switching Cost, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas (Studi Kasus Pada Konsumen Pertamax di Semarang), Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.
Durianto, Darmadi, Sugiarto, Toni Sijitak.
Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Penerbit : Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty “Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Konsumen”. Penerbit: Erlangga. Jakarta
Handayani, Desy & dkk. 2010. The Official MIM Academy Coursebook Brand Operation. Penerbit : Esensi Erlanggan Group. Jakarta
https://id.wikipedia.org/wiki/T
elekomunikasi_seluler_di_Indonesia http://www.telkomsel.com/abo
ut/news (Dikutip 10 Desember 2013)
http://www.telkomsel.com
Jogiyanto. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis, Salah Kaprah dan Pengalaman- pengalaman, edisi pertama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta
Kotler, Philip & Keller Kevin Lane. 2009.
Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas. Penerbit Erlangga : Jakarta
Kotler, Philip, dan Gery Amstrong. 2001.
Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Milenium. Penerbit: Prenhallindo. Jakarta
Nalau, Antonio. 2012. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan J.Co Donuts Dan Coffe. Samarinda. skripsi Universitas Mulawarman
Rangkuti, Freddy. 2004. The Power of Brands. Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Restiani. 2014. Pengaruh Kepuasan Nasabah
Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Customer Relationship Management sebagai Variabel Moderasi Pada BPD Kaltim Cabang Utama Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. Samarinda
Richard Andika Putra. 2015. Pengaruh Brand Awareness, Brand Experience Terhadap Loyalitas Konsumen.
Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas
Mulawarman. Samarinda
Sugiyono, 2010. Metode Penilaian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Penerbit: Alfabeta. Bandung
Sulistian, Ogi. 2011. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok Gudang Garam Filter. Kuningan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan.
Susanto, A.B, Wijanarko Himawan. 2004.
Power Branding. Cetakan 1, Penerbit : Quantum Bisnis & Manajemen (PT. Mizan Publika). Jakarta
Tjiptono ,Fandi. 2005. Strategi Pemasaran.
Edisi 1. Penerbit: Banyumedia
Publishing. Malang
Tjiptono, Fandi, dkk. 2008. Pemasaran Strategik. Penerbit: Andi Offset. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2002. Manajemen Pemasaran. Penerbit: Andi. Jogyakarta
Tria Ahmadi. 2014. Analisis Pengaruh
Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas
Konsumen Kartu Simpati Di Tenggarong Seberang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. Samarinda.
DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i3.368
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com