Pengaruh e-marketing, features dan design terhadap kepuasan pengguna whatsapp di kecamatan samarinda utara

Krisdayanti Krisdayanti, Gusti Noorlitaria Achmad, Muhammad Wasil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-marketing, features dan design terhadap kepuasan pengguna WhatsApp di kecamatan samarinda utara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara mengambil keseluruhan populasi yang ada di Kecamatan Samarinda Utara untuk dijadikan sampel penelitian, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda.  Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa e-marketing, features dan design berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepuasan pengguna WhatsApp di kecamatan samarinda utara.


Keywords


e-marketing; features; design; kepuasan

References


Chaffey, Dave. 2009. E-Business and E-Commerce Management. 4Th edition. New Jersey: Prentice Hall.

David R, Harris and Neil Botten. 2008. Introductory Certificate in Marketing. Publisher: Routledge.

Endi, Rekarti. 2011. Kualitas dan Fitur Website Kampus dalam Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Pengguna. Jurnal Manajemen.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hendra. 2013. Analisis Pengaruh Penerapan E-Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian pada PT.Nutraco Mesindotama. Jurnal Manajemen.

Isliko, Thom W, A dan Rahayu, Minarti. 2008. Mediasi Keputusan Pembelian pada Pengaruh Faktor Situasional dan Faktor Produk terhadap Keputusan Konsumen Supermarket di Kota lampung. Jurnal Aplikasi Manajemen, 8(2): pp: 11-15.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2010. Principles of Marketing. Pearson Education Inc. Upper Saddle River: New Jersey.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. AlihBahasa: Bob Sabran, MM. Jilid 1 Edisi Ketigabelas. Penerbit Erlangga: Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Alih Bahasa Bob Sabran. Erlangga: Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller . 2012. Marketing Management. 14th Edition. New Jearsey: Presentice Hall.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi Bahasa Indonesia. Alih Bahasa Alexander Sindoro. PT. Indeks Kelompok Gramedia: Jakarta.

Priyanto, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik dengan SPSS. MediaKom: Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy. 2007. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran: Falsafah, Teori, dan Aplikasi. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Siti, Nuremah. 2013. Pengaruh Desain dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Perusahaan Nurul Collection Tasikmalaya. Jurnal Manajemen.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung.

. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, CV,Alfabeta.Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Catatan Kelima. Andi Offset: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i2.3646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com