PENGARUH FAKTOR KEUANGAN DAN NON KEUANGAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG MENERBITKAN OBLIGASI BEREDAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2015 YANG DIPERINGKAT OLEH PT. PEFINDO)

Ajeng Puput Kurniati, Ardi Paminto, Rizky Yudaruddin

Abstract


Ajeng Puput Kurniati. Pengaruh Faktor Keuangan dan Non Keuangan terhadap Peringkat Obligasi di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus pada Perusahaan Non Keuangan yang Menerbitkan Obligasi Beredar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015). Pembimbing: Dr. H. Ardi Paminto, SE., M.S dan Rizky Yudaruddin, SE., MM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh faktor keuangan dan non keuangan terhadap peringkat obligasi. Faktor keuangan dalam penelitian yang digunakan adalah leverage dan profitabilitas. Faktor non keuangan yang digunakan dalam penelitia ini adalah umur obligasi dan jaminan obligasi. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 10 perusahaan non keuangan yag menerbitkan obligasi dan laporan keuangan di BEI selama periode 2010-2015 da diperingkat oleh PT. PEFINDO. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi ordinal untuk menguji pengaruh faktor keuangan dan non keuangan terhadap peringkat obligasi.  

Hasil penelitian diketahui bahwa leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap peringkat obligasi, profitabilitas dan umur obligasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap peringkat obligasi, dan jaminan obligasi berpengaruh positif signifikan terhadap peringkat obligasi.

Keywords


Peringkat obligasi, leverage;profitabilitas;umur obligasi;jaminan obligasi

References


Adrian. 2011. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” (Jurnal). Semarang: Universitas Diponegoro.

Andry, Widya. 2005. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi. Jurnal Buletin dan Moneter dan Perbankan.

Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F. 2009. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Estiyanti, Ni Made dan Gerianta Wirawan Yasa. 2012. Pengaruh Faktor Keuangan dan Non Keuangan pada Peringkat Obligasi di Bursa Efek Indonesia. Bali: Universitas Udayana.

http://www.statistikian.com/2015/02/regresi-logistik.html/amp

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

Magreta dan Poppy Nurmayanti. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi Ditinjua dari Faktor Akuntansi dan Non Akuntansi. Riau: Universitas Riau.

Munawir, S. 2002. “Analisa Laporan Keuangan, Edisi keempat. Yogyakarta: Liberty.

Purwaningsih, Anna. 2008. “Pemilihan Rasio Keuangan Terbaik untuk Meprediksi Peringkat Obligasi: Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ.” Kinerja, Vol. 12, No.1, h.85-99.

Rahardjo, Sapto. 2004. Panduan Investasi Obligasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, Bambang. 2011. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Sutrisno. 2000. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi Aplikasi dengan Program SPSS Versi 20. Yogyakarta: Interpena.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i2.3645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com