PENGARUH CONTENT MARKETING DAN INTEGRATED DIGITAL MARKETING SERTA MOBILE MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA GO-JEK ONLINE DI KOTA SAMARINDA

fajar rahmadi, Gusti Noorlitaria Achmad, Muhammad Muhammad Wasil

Abstract


Fajar Rahmadi, Pengaruh Content Marketing dan Integrated Digital Marketing serta Mobile   Marketing Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Go-Jek Online Di  Kota Samarinda.

              Penelitian ini bertujuan untuk Membangun model yang menjelaskan proses Pengaruh Content Marketing Integrated Digital Marketing dan Mobile Marketing Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Go-Jek Online Di  Kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan pada wanita dan pria yang berusia 20-44 tahun dan yang menggunakan layanan GO-JEK di Kota Samarinda. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. pada wanita dan pria yang berusia 20-44 tahun dan yang menggunakan layanan GO-JEK di Kota Samarinda. Metode pegambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh merupakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan.

              Hasil penelitian menunjukkan bahwa Content Marketing Integrated Digital Marketing dan Mobile Marketing berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan  jasa GO-JEK online di kota samarinda.


Keywords


Content Marketing, Integrated Digital Marketing, Mobile Marketing, dan keputusan pembelian

References


Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Bandung: Penerbit CV Alfabeta

____________, dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi Dan Tanya Jawab. Bandung : CV Linda Karya.

Ahmadi, Candra dan Dadang, Hermawan. 2013. E-Business & E-Commerce. Yogyakarta

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

_________________. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Semarang, Badan

Penerbit Universitas Diponegoro.

Andi, Nadia, Radinka. 2012. Analisis Penerapan Integrated Marketing Communication pada Produk Berbasis Teknologi dalam Membangun Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pemasaran Produk Elektronik Panasonic) Universitas Indonesia

Chaffey, Dave and PR Smith. 2002. E-Marketing Excellence : Planning and Optimizing Your Digital Marketing. Elsevier. London.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ganes, Wahyutyasto. 2017. Pengaruh Mobile Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada California Fried Chicken (Cfc) Store Universitas Telkom Bandung), e-Proceeding of Management : Vol.4, No.1

Gujarati, Damodar. 2003. Ekonometrika Dasar. Terjemah Sumarno Zein. Jakarta: Erlangga.

Hair et al. 2010. Multivariate Data Analysis 7th Ed. Boston: Pearson

Harwinda, Yoga Prasetya dan Adi, Nurmahdi, 2015. Pengaruh Kegiatan Pemasaran Digital dan Perilakau Online Konsumen Pada Peningkatan Kesadran Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Via Website.

Hastuti. 2013. Pengaruh Faktor-Faktor Fungsional, Psikologi Dan Konten Terhadap Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Website Groupon : Jurnal MIX, Volume III, No. 3

Hidayat, Krisnawati, Nila, dan Tobing, Rudy. 2012. Enhancing Netizen As A Digital Marketing Activity Toward Strategic Branding: A Case Study Of “Xyz” Brand. Marketing Management, 59-61.

Indria, Kesuma, Hastuti. 2013. Pengaruh Faktor-Faktor Fungsional, Psikologi, dan Content Terhadap Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Website Groupon, Jurnal MIX, Vol.III, No.3

Junhong, He and Zan, Mo. 2013. Determinants and Their Measurements of Mobile Marketing Performance

Kaufman, Ira and Horton, Chris. 2014. Digital Marketing Integrating Strategy And Tactics With Values.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga

_____________ and Keller, Kevin. 2006. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks

_________________________. 2012. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.

Lee, Brian. 2014. Analisa Penerapan dan Perkembangan Digital Marketing pada

Zara. Universitas Bina Nusantara

Lestari, Mellya Yuliati. 2010. Pengaruh Mobile Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Kota Bandung (Studi Kasus Pada Produk Makanan) Universitas Widyatama

Mcpheat, Sean. 2011. Developing Internet Marketing Strategy. United States Of America: Venus Publishing.

Novayanti, Budiman. 2016. Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia, Universitas Hasanuddin Makassar

Patricia, Raquel, Vasques, Milhinhos. 2015. The Impact Of Content Marketing On Attitudes And Purchase Intentions Of Online Shoppers: The Case Of Videos & Tutorials And User-Generated Content

Priti, Jeevan. 2015. A Study Of An Integrated Digital Marketing Framework

theoretical Model And Analysis Using Abcd Model, Volume 5, No.7. IJMIE.

Priyanto, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik dengan SPSS. Yogyakarta:

MediaKom.

Puspa Puspitasari, Ratih Tresnati, dan Dede R Oktini. 2016. Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey Pada Konsumen Trirteenth Shoes Bandung) 116-121

Rangkuti, Freddy. 2007. Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communciation. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ryan, D and Calvin, Jones. 2009. Digital Marketing : Marketing Strategies for Engaging Digital Generation. Kogan Page Limited, London.

Sanjaya, Ridwan Dan Josua, Tarigan. 2009. Creative Digital Marketing, PT,.Elex

media komputndo, Jakarta

Schiffman, L, G. and L, Kanuk. 2009. Persepsi kualitas, Consumer Behavior. New Jersey: Perason Prestice Hall.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, CV,Alfabeta.

Bandung.

________. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, CV,Alfabeta.

Bandung.

Sofyan, Assauri. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta:Rajawali Pers

Swastha, Basu dan Irawan. 2007. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua,

Cetakan Kesebelas, Liberty Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, dan Singgih Santoso. 2001. Riset Pemasaran, Konsep, dan Aplikasi

dengan SPSS. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.

http://www.solopos.com/2016/12/15/go-food-berpeluang-bantu-kembangkan-umkm

kuliner-776831/, diakses September 2017

http://www.pendidikanekonomi.com/2012/10/pengertian-keputusan-pembelian

konsumen.html/, diakses september 2017

https://angganurrahmanrockets.wordpress.com/2013/11/17/keputusan-pembelian

dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi/, diakses septamber 2017

http://www.pendidikanekonomi.com/2012/10/pengertian-keputusan-pembelian

konsumen.html, diakses september 2017

https://www.kanal.web.id/2017/07/pengertian-content-marketing-pemasaran.html

https://www.kanal.web.id,/ diakses September 2017

samarindakota.bps.go.id, diakses oktober 2017




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i2.3644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com