Pengaruh budaya pelayanan dan motivasi melayani terhadap kinerja pelayanan hotel grand kartika samarinda

Authors

  • Erysa Putri Ramadhanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Robiansyah Robiansyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Ariesta Heksarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.29264/jimm.v4i1.3596

Keywords:

Budaya pelayanan, motivasi melayani, kinerja pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji Pengaruh Budaya Pelayanan dan Motivasi Melayani Terhadap Kinerja Pelayanan Hotel Grand Kartika Samarinda. Penelitian  ini   dilakukan   kepada   karyawan   Hotel   Grand   Kartika Samarinda yang terdiri dari 38 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menguji Budaya Pelayanan, Motivasi Melayani dan Kinerja Pelayanan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan Budaya Pelayanan dan Motivasi Melayani berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pelayanan .Hal ini didukung oleh koefisien korelasi (R) sebesar 81.20% yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara variabel Budaya Pelayanan dan Motivasi Melayani terhadap Kinerja Pelayanan Hotel Grand Kartika Samarinda.

References

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Kaswan. 2015. Sikap Kerja:Dari Teori dan Implementasi Sampai Bukti. Alfabeta : Bandung.

Liao, Hui dan Chuang, Aichia. 2004. A Multilevel Investigation of Factors Innfluencing Employee Service Performance and Customer Outcomes.Academy of Management Journal. Vol.47. No.1. 41-58.

Mahmoeddin. 2010. Melacak Kredit Bermasalah. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan

Moeheriono. 2014. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Edisi Revisi. Jakarta:Rajawali Pers.

Winston, B.E., Cerff, Karen. & Kirui,Sam. 2012. Motivation to serve in faith-based non-profit churches:the role of affective and normative commitment as well as motivation to lead. International Journal of Organization theory and behavior. 15(2), 264 – 275.

Published

2019-05-20

Issue

Section

Articles