Pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan konsumen pada pt adira finance di samarinda

Authors

  • Dedy Hermawan GRADUATE OF MULAWARMAN UNIVERSITY
  • Tetra Hidayati
  • Asnawati Asnawati

DOI:

https://doi.org/10.29264/jimm.v2i1.205

Abstract

 Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui pengruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT  Adira Finance Di Samarinda   Dasar teori yang digunakan manajemen pemasaran menggunakan alat analisis regresi liner berganda  dengan 50 sampel.Kesimpulan penelitian ini: Berdasarkan hasil uji parsial variabel manfaat finansial  berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah PT Adira Finance Samarinda karena nilai t hitungnya > t tabel maka Ha diterima dan menolak Ho. Dengan demikian hipotesis menyatakan dimensi finansial    berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah PT Adira Finance Samarinda,  diterima Berdasarkan hasil uji parsial variabel manfaat sosial berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah PT Adira Finance Samarinda karena nilai t hitungnya > t tabel maka Ha diterima dan menolak Ho. Dengan demikian hipotesis menyatakan dimensi sosial    berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah PT Adira Finance Samarinda,  diterima. Berdasarkan hasil uji parsial variabel manfaat struktural berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah PT Adira Finance Samarinda karena nilai t hitungnya > t tabel maka Ha diterima dan menolak Ho. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan dimensi struktural  yang berpengaruh manfaat finansial, manfaat sosial dan manfaat struktural kerja  berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah PT Adira Finance Samarinda,  diterima.

 

Keywords: Relationship Marketing – Kepuasan Konsumen

Published

2017-04-16

Issue

Section

Articles