Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien pada puskesmas desa juk ayak kabupaten kutai timur
DOI:
https://doi.org/10.29264/jimm.v3i4.1893Keywords:
pelayanan, kepuasan pasienAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pasien Juk Ayak Di Puskesmas Desa Kabupaten Kutai Timur, dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel reliabilitas, daya tanggap, jaminan, perhatian dan bukti fisik secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien. Nilai R 0,674 berarti bahwa ada hubungan yang kuat antara variabel reliabilitas, daya tanggap, jaminan, perhatian, dan bukti fisik terhadap kepuasan klien. Koefisien determinasi (R2) sebesar 45,40 persen itu menunjukkan proporsi kontribusi variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian dan bukti fisik terhadap fluktuasi kepuasan pasienReferences
Alma, Buchari, 2008, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa, Cetakan ke lima, Alfabeta, Bandung
Engel, James F. Roger D. Black Well dan Paul W. Miniard. 2007, Prilaku Konsume (Alih Bahasa Drs. FX Buditanto) Edisi ke enam. Bina Rupa Aksara Jakarta
Gitosudarmo, 2000, Manajemen Pemasaran, CV. Rajawali, Jakarta Kotler, Philip dan Amstrong, 2010, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Bahasa Indonesia. PT Prehallindo, Jakarta .
____________, 2003, Marketing Management, Northwestern University, Eleveth Edition, International Edition, New Jersey
___________, dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Bahasa Indonesia. PT Prehallindo, Jakarta
Lamb Harles W., 2001. Perilaku Konsumen. Terjemahan David Octarevia, Salemba Empat, Jakarta
Lovelock. Wright, 2005, Manajemen Pemasaran Jasa,PT. INDEKS, Jakarta
Lupiyoadi Rambat dan A. Hamdani, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktis, Salemba Empat, Jakarta
McCarthy E. Jerome & William D Perreault, Intisari Pemasaran, Sebuah Rancangan Manajerial Global, terjemahan Agus Maulana, Jilid 1, Edisi Ke enam, Cetakan Pertama, Binarupa Aksara, Jakarta
Moven dan Minor, 2002, Manajemen Kualitas, Salemba Empat, Jakarta
Payne, Adrian, 2008, The Esence Of Service Marketing Pemasaran jasa, Terjemahan Fandy Tjiptono, Penerbit Andi Jakarta
Schiffman Leon G., Leslie Lazar Kanuk, 2004, Consumer Behaviour. Seventh Edition, Prentice Hall. International Inc. New Jersey
Stanton, J William, Prinsip Pemasaran, 2007, Jilid I, Alih Bahasa Yohannes Lamarto, Erlangga, Jakarta
Swastha Basu, dan Irawan, 2010, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke dua belas, Liberty Offset, Yogyakarta
Tjiptono Fandy. 2011, Pemasaran Jasa, Andi. Jogyakarta
____________, dan Chandra, 2005, Manajemen Kualitas Jasa, Edisi Revisi, Andi Jogyakarta
___________, dan Anastasia Diana, Total Quality Management, Edisi Revisi, Andi Jogyakarta
Sugiyono, 2002, Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Kelima, CV.Alfabeta, Bandung
Kotler, Keller, 2006, Marketing Management, Twelfth Edition, Prentice Hall Internasional, Inc
___________, Amstrong, 2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan, Jilid 1, Erlangga, Jakarta
Swastha, dan Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama Cetakan Ketiga, BPFE, Yogyakarta
Lamb, McDaniel, 2001, Pemasaran, Buku 1, PT. Salemba Empat, Jakarta
Tjiptono, Chandra,2005, Service Quality Satisfaction, Edisi 1, Andi Offset, Yogyakarta
Umar, Husein, 2003, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustak utama Jakarta
Kotler, dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta
Amstrong, dan Kotler, 2013, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, PT. Indeks Gramedia, Jakarta
Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra, 2011, Service, Quality and Satisfaction, Edis Ketiga, Yokyakarta
Lupiyoadi, dan Hamdani, 2008, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2, Salemba Empat, Jakarta
Kotler, Armstrong, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran 1, Edisi 12, Jakarta : Erlangga