PENGARUH STRATEGI PROMOSI SOCIAL MEDIA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN TOKO RAMA TAMIYA MINI 4WD

Muhammad Riza Hermawan, Suharno Suharno, Asnawati Asnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Strategi Promosi Sosial Media dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toko Rama Tamiya Mini 4WD. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 110 konsumen yang ditarik dengan metode Accidental Sampling. Alat analisis yang digunakan pada penelitian inni adalah regresi linier berganda dengan bantuan program IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) 22 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dari hipotesis yang diajukan dengan hasil t test dimana X1 = 3,617; X2 = 2,080. Nilai positif variabel Strategi Promosi Sosial Media dan Word Of Mouthterdapat hubungan yang rendah

 


Keywords


Strategi Promosi Sosial Media; Word Of Mouth; Keputusan Pembelian

References


Aaker, 2008, Managemen Ekuitas Merek, alih bahasa Aris Ananda, Jkt Mitra Utama.

Arifin, Ali. 2003. Viral Marketing - Konsep Baru Berinvestasi Dan Berwirausaha. Yogyakarta : Andi Publisher.

Dwi Priyatno. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. Andi : Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2006. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang : Badan Penerbit Undip

Harjadi, Didik & Fatmawati Dewi. 2008. “Word Of Marketing (WOM) Communication Sebagai Alternatif Kreatif Dalam Komunikasi Pemasaran”. JURNAL EQUILIBRIUM. Vol.4, No.8, Juli-Desember 2008; 72-78.

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta : MedPress

Hair, J.F., W.C. Black, B.J. Babin, R.E. anderson, R.L.Tatham, (2006). Multivariate Data Analysis, 6 Ed., New Jersey : Prentice Hall

Issabell, Goyette. “Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context”. Jurnal Word of Mouth. Dalam Dimensi Word of Mouth.

Jamilah B, Najua 2012. Pengaruh Ekuitas Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Cokelat Roso di Depok, Sleman, Yogyakarta). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kenedy, Jhon E & Soemanegara Dermawan R. 2006. Marketing Communication. Jakarta : PT. BUANA ILMU POPULER.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-8.Erlangga. Jakarta.

__________, Alih Bahasa A.B. Susanto.2002. Manajemen Pemasaran diIndonesia,Analisis,Perencanaan,ImplementasidanPengendalian. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

__________ & Amstrong, Gary. 2004. Dasar-dasar Pemasaran, edisi ke sembilan jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

__________ & Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Sabran Bob M. M. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

________ & Kevine Lane Keler. 2009. Manajemen Pemasaran jilid 2. Edisi ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. MM. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kumar V, Ramzi S C, Stanley L R. 2002. Buku ajar Komunikasi. Edisi 7. Vol (1). Jakarta:EGC

Lamb, Hair, dan McDaniel. 2001. Pemasaran. Buku 1. Penerjemah David Octarevia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

__________2001.Pemasaran. Buku 2. Penerjemah David Octarevia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Mayfield, Anthony. (2008). What Is Social Media?. United Kingdom : Icrossing

Moekijat. 2000. Manajemen Pemasaran. Bandung : Penerbit Mandar Maju.

Rangkuti, Freddy. 2009. The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Cet Ke-2. Jakarta. PT. Gramedia.

Rossen, Emanuel. 2000. The anatomy of buzz : how to create Word Of Mouth Marketing. Newyork: Doubleday, Random house. Inc.

Rosid, Andiana 2009. Pengaruh Komunikasi Word Of Mouth Communication (WOM) dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pencuci Muka/Facial Foam Pond’s Pada Santri Putra Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Penerbit Kencana. Bandung.

Sigit, Suhardi. 2007. Marketing Praktis. Cetakan Pertama. Yogyakarta:Penerbit Liberty.

Simamora B, 2004, Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Solis, Brian. 2011. Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons.

Sugiyono. 2008. Metodelogi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sulaksana, Uyung. 2003. Integrated Marketing Communications. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Sumardy, Marlin Silviana dan Melina Melone. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Swastha, Basu & Hani Handoko. 2004. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakaarta : BPFE.

____________ dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi II Yogyakarta: Liberty

Thoyibie, L. 2010. Psikologi Social Media. http://Komunikasiindonesia.org

Tjiptono, Fandy, 2001. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Yogyakarta, Andi

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Baru. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i2.1806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com