Variabel anteseden purchase intention pelanggan hypermart

Dede Mia Aditama, Tetra Hidayati, Sri Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menguji harga cuaca, bermacam-macam produk, lokasi, dan layanan terhadap niat beli di Hypermart Big Mall Samarinda. Sedangkan variabel dependen adalah niat beli. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Hypermart Big Mall Samarinda yang terdiri dari 100 responden. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan memeriksa harga, konsumen produk, lokasi, dan layanan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil ini menunjukkan bahwa harga variabel, harga produk, lokasi, dan layanan berpengaruh signifikan terhadap niat beli


Keywords


Variabel anteseden; purchase intention

References


Ajzen, I. 1991.The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes. 50. 179-211.

Cannon, Joseph P. Perreault, William. and McCarthy, E.Jeromy. 2009. Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global. Edisi 16. Buku 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro. Semarang.

______. 2006. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Semarang.

Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta. Bandung.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro. Semarang.

Gogoi, B. 2013. Study of Antecedents of Purchase Intention and its Effect on Brand Loyalty of Private Label Brand of Apparel. International Journal of Sales Vol. 3. Issue 2. Jun 2013. 73-86.

Hawkins, Del I. and Mothersbaugh, David L. 2010. Consumer Behavior, Building Marketing Strategy. International Edition. Mc Graw Hill. New York.

Kotler, Philip. dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Dialihbahasakan Bob Sabran. Edisi 13. Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.

_____, Philip. dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Dialihbahasakan Bob Sabran. Edisi 13. Jilid 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.

_____, Philip dan Amstrong, Gary. 2016. Priciple of Marketing. Global Edition. Pearson. England.

_____, Philip dan Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa:Bob Sabran, MM Edisi 12, Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Kurniawan, Ferdy Zoel. 2014. Pengaruh Harga, Produk, Lokasi ,dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Soto Angkring Mas Boed Semarang. Jurnal Manajemen. Vol V.No 8 tahun 2014.

Loekito, Lidya. 2016. Analisa Pengaruh Retail Mix terhadap Purchase Intention di Willow Baby and Kids Surabaya. Skripsi Pemasaran. Universitas Kristen. Surabaya.

Lupiyoadi, Rambat (2013) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Jakarta:Salemba Empat.

Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Majalah Ritel Asia 2012 dalam www.bisnis.com/ September, 2012.

Nugrahaningtyas, Ike. 2015. Pengaruh Product Assortment dan Relationship Marketing Terhadap Consumer Purchase Intention. Skripsi Pemasaran.Universitas Telkom. Bandung.

Nurhasanah. 2010. Analisa Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT.Hero Supermarket. Skripsi Pemasaran. Universitas Islam Negri. Jakarta.

Schiffman, Leon and Leslie Lazar Kanuk (2009). Perilaku Konsumen, Edisi ketujuh.

Simamora, Bilson. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

_____, Bilson. 2004. Riset Pemasaran Falsafah, Teori, dan Aplikasi. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Solomon, Michael R. Marshall, Greg W. And Stuart, Elnora W. 2012. Marketing Real Poepole Real Choices. International Edition. Seventh Edition. Pearson. United States America.

Sopiah. dan Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Edisi I. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharno. dan Sutarso, Yudi. 2015. Marketing in Practice. Penerbit Kaltim Post Group. Samarinda.

Tjiptono, Fandy. Chandra, Gregorius dan Adriana, Dadi. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI.

_____, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Ulibasa, Anggi Paima. dan Adrian, Achyar. 2013. Analisis Pengaruh Citra Toko dan Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Pada Produk Private Label Brand. Jurnal Marketing. Universitas Indonesia. Jakarta.

Utami, Christina Widya. 2010. Manajemen Ritel. Edisi 2. Salemba. Jakarta.

_____, Christina Widya. 2008. Strategi Pemasaran Ritel. CV.Indeks. Jakarta

Widiyanto, Ibnu 2008. Poiters Metodologi Penelitian. Penerbit Semarang CV Dikalia.

www.euromonitor.com/retailing-in-indonesia/report. Januari 2017.

Sugiyarto, http://www.tribunnews.com, 23 Oktober 2014.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i2.1712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com