Kinerja Manajemen Rantai Pasok Dan Strategi Informasi Pada Sweet Modern Bakery

Devi Rizka Anggraini, Anis Rachma Utary, Maryam Nadir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja manajemen rantai pasokan dan informasi strategi di Sweet Modern Bakery. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif menggunakan data primer dari wawancara dan observasi langsung, dan data sekunder dari referensi dan data pemasok untuk bekerja sama dengan toko roti modern. Hasil dari penelitian ini menemukan aliran manajemen rantai pasokan yang diprakarsai oleh pemasok bahan baku utama. bahan, yaitu tepung, gula, dan mentega. Proses selanjutnya adalah proses produksi yang dilakukan oleh Sweet Modern Bakery dengan menggunakan tiga bahan baku utama, yang kemudian produk tersebut akan dikirim ke distributor serta beberapa outlet ritel yang telah bekerja sama. Strategi informasi yang digunakan telah berjalan dengan baik dengan menggunakan perangkat telekomunikasi atau komunikasi langsung pada aliran proses manajemen rantai pasokan


 


Keywords


Manajemen Rantai Pasokan, Strategi Informasi

References


Anatan, Lina dan Lena Ellitan. 2008. Supply Chain Management Teori dan Apliasi, Cetakan Kesatu. Alfabeta, Bandung.

Anwar, Sariyun. 2011. Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management) : Konsep Dan Hakikat.

Hasibuan, Maluyu S.P . 2001. Pengertian Kinerja. https://id.wikipedia.org/wiki/Kinerja.

Heizer,Jay dan Barry Render. 2015. Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan Dan Rantai Pasokan, Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Indrajit, Richardus Eko dan Richardus Djokopranoto. 2006. Konsep Manajemen Supply Chain, Cara Baru Memandang Mata Rantai Penyediaan Barang, Cetakan Keempat. Jakarta: PT Grasindo.

Martono. 2015. Manajemen Logistik Terintegrasi, Cetakan Pertama. PPM, Jakarta.

Ratnasari, Dessy, Irwansyah, Muhammad Sobri. 2015. Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Barang Dengan Menerapkan Perpetual System Menggunakan Metode Penilaian Economic Order Quantity (EOQ). Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma, Palembang.

Reid, R. Dan, and Nada R. Snders. 2013. Operations Management An Integrated Approach, Fifth Edition. John Wiley and Sons Singapore Pte, Ltd.

Rochaety, Ety, Faizal Ridwan. Z, Tupi Setyowati. 2012. Sistem Informasi Manajemen Edisi Kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sumangkut, A.A. 2014. Kinerja Supply Chain Management dan Strategi Informasi Pada PT. Multi Food Manado. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Supriyadi. 2014. Kinerja Supply Chain Management. STIE STEMBI -Bandung Bussiness School.

Talumewo, Pingkan O. E, Lotje Kawet, Jessy J. Pondang. 2014. Analisis Rantai Pasok

Ketersediaan Bahan Baku Di Industri Jasa Makanan Cepat Saji Pada KFC Multimart Ranotana. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Tampubolon, Manahan P. 2014. Manajemen Operasi Dan Rantai Pemasok (Operation And Supply Chain Management). Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Wuwung, Stevany Carter. 2013. Manajemen Rantai Pasokan Produk Cengkeh Pada Desa Wawona Minahasa Selatan. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Zigiaris, Sotiris. 2000. Supply Chain Management. BPR Hellas SA. BPR Engineer.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i2.1688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com