Pengaruh citra dan persepsi konsumen serta pelayanan terhadap kepuasan nasabah tabungan

Misrina Misrina, Pamasang S. Siburian, Sri Wahyuni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Persepsi Konsumen dan Citra Perusahaan mempengaruhi Loyalitas Pelanggan BPD Kaltim dan untuk mengetahui variabel mana yang dominan pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan BPD Kaltim Formula regresi linier berganda dalam penelitian ini adalah: Y = -3.591 + 0,364 X1 + 0,877 X2. Nilai R sebesar 0,774 yang berarti ada pengaruh yang sangat kuat dari Persepsi Konsumen (X1) dan Citra Perusahaan (X2), terhadap Loyalitas Pelanggan BPD Kaltim (Y) yang artinya 0,774. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa nilai R Square menunjukkan 59,90%, Ini artinya Persepsi Konsumen (X1), dan Citra Perusahaan (X2), secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan BPD KaltimDari hasil uji - F (uji simultan) menunjukkan bahwa nilai Fhitung> Ftabel adalah 35,147> F0,05 (2) (67) = 3,13, hal ini menunjukkan bahwa negara asal (X1), dan citra merek (X2), kedua variabel secara simultan memberikan pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan BPD Pelanggan Kaltim Samarinda (Y), sehingga hipotesis diterima

Keywords


persepsi konsumen; kepuasan nasabah

References


Ghozali, Iman,2005,“ Stuctural Equation Modelling, Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program Lisrel 8,54. Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Ghozali Iman ,2009 , “Aplikasi Analisis Multivariatete dan dengan program SPSS “. Edisi Pertama Penerbit PT. Elek Media Komputindo. Jakarta.

Hurriyati , Ratih 2005 “ Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen “. Alfabeta, Bandung.

Hasan , Ali, 2009 , “Marketing”, Jakarta : Media Presindo.

Karta Jaya Hermawan, 2005, “Era Baru Pengukuran Loyalitas “ Majalah INFO BANK NO.309 Edisi Desember 2009, Volume XXVI, Hal. 18 s.d.23

Hawkins et all 2007 “Building Marketing Strategy” Gramedia. Jakarta

Istijanto, 2005, “ Aplikasi Riset Pemasaran “, PT. Gramedia Jakarta

Kotler , Philip and Kevin Lane Keller, 2006. “ Marketing Manajemen ”. Pearson Education Inc.

and Kevin Lane Keller . 2012 “ Marketing Manajemen 13. New Jersey : Person Prentice Hall, Inc.

and Gary Amstrong 2008 “Marketing Manajemen The Melenium Edition”, New York,Prentice Hall International Edition.

and Pfoetsch. Waldemar. 2008. B2B prentice Hall: New Jersy. USA

Kotler, Philip , 2002, “Manajemen Pemasaran “, Jilid 1, Edisi Milenium , Jakarta Perhalindo.

Keller, K. L. 2010. “ Strategic Brand Management :Building, Marketing and Managing Brand Equity “. International Edition, Person Education, New Jersey.

Lupiyoadi, Rambat , 2006 “. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua . Jakarta: Penerbit Salemba Empat.Jakarta

Ries ,and Trout ,2001 “integrating Marketing Starategi and Informasi Tecnology” , Jakarta :Erlangga.

Ritonga, Jamiluddin. ---- .Riset Kehumasan. Jakarta : PT.Grasindo.Roscoe

Rhenal Khazali , 2003 “ Brand Image “ , PT. Elex Media Komputer indo Gramedia.

Sutisna ,2008 “Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran”, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Surjandari. 2009. Metode penelitian Bisnis. Alfa Beta Bandung.

Tjiptono, Fandy and Gregorius Chandra, 2006, Service, Quality & Satisfaction, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy 2008, Strategi pemasaran. Edisi kedua. Cetakan ketiga. Andi Offset. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i3.1644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com