Pengaruh tourism image dan experiential value terhadap satisfaction
DOI:
https://doi.org/10.29264/jimm.v3i3.1641Keywords:
tourism image, experiential valueAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tourism Image dan Experiental Value
 terhadap Satisfaction (Studi Pada Pengunjung Pantai Lamaru Balikpapan). Vaiabel penelitian terdiri
 Tourism Image, Experiental Value dan Satisfaction. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan
 jumlah sampel 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner untuk mengamati
 Pengaruh Tourism Image dan Experiental Value terhadap Satisfaction (Studi Pada Pengunjung
 Pantai Lamaru Balikpapan) secara simultan dan parsial. Alat analisis yang digunakan adalah regresi
 linear berganda, uji korelasi dan determinasi serta uji hipotesis yaitu uji t dan uji F.
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa tourism image berpengaruh positif dan signifikan
 terhadap satisfaction Berdasarkan Uji t hasil analisis dapat dibuktikan bahwa variabel Tourism
 Image memiliki nilai t hitung 5,453 dengan nilai sig = 0,00. Sehingga jika dibandingkan dengan
 nilai t tabel yaitu 1,68, maka dapat dinyatakan bahwa t hitung lebih besar dibanding t tabel atau
 perhitungan t hitung = 3,388 > t tabel = 1,68. Experiental Value juga berpengaruh positif dan
 signifikan terhadap Satisfaction nilai t hitung 5,570 dengan nilai sig = 0,000. Sehingga jika
 dibandingkan dengan nilai t tabel yaitu 1,68, maka dapat dinyatakan bahwa t hitung lebih besar
 dibanding t tabel atau perhitungan t hitung = 5,570 > t tabel = 1,68. Secara simultan (bersama-sama) antara Tourism Image, dan Experiental Value juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Satisfaction, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung memiliki nilai sebesar 49,488 jika dibandingkan dengan nilai F tabel sebesar 3,09, maka terlihat bahwa F hitung lebih besar dari F tabel, atau dengan perhitungan F hitung = 49,488 > F tabel = 3,09
References
Dutka, Alan. 2008. AMA Hand Book for Customer Satisfaction. NTC Business Book,
Lincolnwood, Illinois.
Gartner, 1996. “Image Formation Process”. In Communication and Channel Systems in
Tourism Marketing. M. Uysal and D. Fesenmaier, eds., pp. 191-215. New
York: Haworth Press.
Gazali, Imam. 2003. Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: Badan Penerbit
Universitas Diponegoro
Hasan, Ali. 2015. Tourism Marketing. Yogyakarta: APS (Center for Academic
Publishing Service)
Chou, 2009.