Pengaruh tourism image dan experiential value terhadap satisfaction

Rama Rama, Tetra Hidayati, Herning Indriastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tourism Image dan Experiental Value
terhadap Satisfaction (Studi Pada Pengunjung Pantai Lamaru Balikpapan). Vaiabel penelitian terdiri
Tourism Image, Experiental Value dan Satisfaction. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan
jumlah sampel 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner untuk mengamati
Pengaruh Tourism Image dan Experiental Value terhadap Satisfaction (Studi Pada Pengunjung
Pantai Lamaru Balikpapan) secara simultan dan parsial. Alat analisis yang digunakan adalah regresi
linear berganda, uji korelasi dan determinasi serta uji hipotesis yaitu uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tourism image berpengaruh positif dan signifikan
terhadap satisfaction Berdasarkan Uji t hasil analisis dapat dibuktikan bahwa variabel Tourism
Image memiliki nilai t hitung 5,453 dengan nilai sig = 0,00. Sehingga jika dibandingkan dengan
nilai t tabel yaitu 1,68, maka dapat dinyatakan bahwa t hitung lebih besar dibanding t tabel atau
perhitungan t hitung = 3,388 > t tabel = 1,68. Experiental Value juga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Satisfaction nilai t hitung 5,570 dengan nilai sig = 0,000. Sehingga jika
dibandingkan dengan nilai t tabel yaitu 1,68, maka dapat dinyatakan bahwa t hitung lebih besar
dibanding t tabel atau perhitungan t hitung = 5,570 > t tabel = 1,68. Secara simultan (bersama-sama) antara Tourism Image, dan Experiental Value juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Satisfaction, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung memiliki nilai sebesar 49,488 jika dibandingkan dengan nilai F tabel sebesar 3,09, maka terlihat bahwa F hitung lebih besar dari F tabel, atau dengan perhitungan F hitung = 49,488 > F tabel = 3,09


Keywords


tourism image; experiential value

References


Dutka, Alan. 2008. AMA Hand Book for Customer Satisfaction. NTC Business Book,

Lincolnwood, Illinois.

Gartner, 1996. “Image Formation Process”. In Communication and Channel Systems in

Tourism Marketing. M. Uysal and D. Fesenmaier, eds., pp. 191-215. New

York: Haworth Press.

Gazali, Imam. 2003. Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: Badan Penerbit

Universitas Diponegoro

Hasan, Ali. 2015. Tourism Marketing. Yogyakarta: APS (Center for Academic

Publishing Service)

Chou, 2009.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i3.1641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com