Pengaruh shopping lifestyle dan fashion involvement serta hedonic motives terhadap impluse buying behavior
Abstract
Setiap pelaku bisnis fashion store menawarkan berbagai produk fashion yang sesuai dengan Lifestyle konsumen agar mampu menarik konsumen untuk melakukan pembelian yang tidak terencana atau Impulse Buying. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Motives terhadap impulse buying behavior konsumen Matahari Department Store Big Mall Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Matahari Department Store Big Mall Samarinda. Sampel penelitian ini berjumlah 96 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang masing‐masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, dan Hedonic Motives berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying Behavior pada konsumen Matahari Department Store Big Mall Samarinda
Keywords
References
Ghozali,Imam.2005.AplikasiAnalisisMultivariateDenganProgramSPSS,Semarang,UNDIP.
Ferdinand,Augusty.2006.MetodePenelitianManajemen,BPUNDIPSeri PustakaKunci,Malang.
Hatane,S.,2005.ResponLingkunganBerbelanjaSebagai Stimulasi Pembelian,JournalManajemendanKewirausahaan,Volume7,Nomor2,Halaman152-170.
Hatane,S.,2007.”PengaruhStimulusMediaIklan,UangSaku,Usia,DanGenderterhadapkecenderunganpembelianImpulsif(studikasus produk pariwisata)“, JurnalManajemenPemasaran,Volume2,nomor1.
Japarinto,E.DanSugiharto,S.2011.PengaruhShopping Lifestyle dan FashionInvolvementTerhadapMasyarakatHigh
InCameSurabaya,Jurnal ManajemenPemasaran Volume 6, Nomor 1,Halaman32-41.
KotlerdanKeller.2009.ManajemenPemasaran,Jilid1,Edisi3,Eirlangga,Jakarta.
_____________.2012.MarketingInPartice,Jilid1,Edisi1,FakultasEkonomiUniversitasMulawarman,Samarinda.
Kotler,Philip.2009.ManajemenPemasaran,EdisiMilenium, PT. Indeks kelompokGramedia,Jakarta.
____________.2008.ManajemenPemasaran,PemasaranPendekatanPraktis,GrahaIlmu,Jakarta.
Kindra,dkk,2004,PerilakuKonsumen,Jilid1,Edisi1,Yogyakarta.
Kim,H.,2005.Coustemer ProfilesOf ApparelProductInvolvementandValu,JournalOfFashoinMarketingandManagement,
Volume9,Nomor2,Halaman:207-220.
Levy,MandWeitz,B.A.,2009.RetailingManajement, Seventh Edition, McGraw-Hill,Pp99.
Mayer,Wilkinson.2003.BabIIHedonicMotives,http://Google.JournalHedonicMotivesBabII.pdf.htmL,diakses23September2003.
DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i3.1613
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com