Pengaruh persepsi nilai dan persepsi kualitas layanan serta citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen

Upick Hariyanto, Suharno Suharno, Asnawati Asnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi nilai terhadap kepuasan pelanggan pada PT Sinar Mitra Sepadan Finance Di Samarinda, (2) pengaruh persepsi kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di PT Sinar Mitra Sepadan Finance Di Samarinda, dan (3) pengaruh citra perusahaan Untuk kepuasan pelanggan di PT Sinar Mitra Sepadan Finance Di Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi penelitian adalah pelanggan yang masih aktif melakukan pembayaran angsuran kepada perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Incidental sampling dengan 100 responden. Data kuesioner yang dikumpulkan telah diuji menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi nilai berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi uji-t lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditentukan; (2) persepsi kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi uji-t lebih kecil dari tingkat signifikansi dalam himpunan; (3) citra perusahaan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi f-test lebih kecil dari tingkat signifikansi pada himpunan

Keywords


Persepsi nilai; kualitas persepsi layanan; citra perusahaan; kepuasan konsumen

References


Alma, Buchari, 2003. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, bandung.

Engel, J.F, Blackwell, Rd, and Miniard, DW. (1995). Perilaku Konsumen. Jilid (Boediono, Terjemahan). Jakarta : Bina Rupa Akasara.

Hamdani. 2006. Mnajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga. Lupiyoadi,

Kotler, Philip, 2009 “Manajemen Pemasaran”, Edisi Kedua Belas, Jilid 1, PT. Index, Jakarta.

Kotler, Philip 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas . Jakarta : Penerbit Erlangga

Kotler, Philip, 2009 “ Manajemen Pemasaran”. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip & Kevin L. Keller, 2009, Manajemen Pemasaran”, Edisi 12 Jilid 1 Cetakan Ke-IV, Penerbit PT. Indeks, Jakarta

Kasali, Renald, 2003. “ Manajemen Public Realtion & Aplikasinya Di Indonesia”, PT. Grafiti, Jakarta

Laksana Fajar. 2006. Manajemen Pemasaran : Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu

Nguyen, Nha and Gaston Leblanc, 2006. “Contact Personnel, Physical Environment And Perceived Corporate Image Of Intangible Services By New Clients”, International Journal Of Services Industry Management.

Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Edisi Kedua. Jilid Pertama. Bandung: Remaja Posdaya.

Sutisna, 2003. “ Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran”, PT. Remaja Rosdakarya, Jakarta.

Sutisna, 2003. “ Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Supriyanto. 2002. Kajian Indikator Kinerja Pelayanan Angkutan Kota di Kota Depok, Kertas Kerja Wajib, Badan Pendidikan Dan Pelatihan Perhubungan STTD, tidak dipublikasikan, Bekasi.

Sutojo, Siswanto, 2004 “Membangun Citra Perusahaan”, PT. Damar Mulia Pustaka, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. (2011). Pemasaran Jasa. Jawa Timur : Bayumedia Publishing.

Tjiptono, Fandy 2006. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Bayumedia Publishing

Tjiptono, Fandy 2009. Strategi Pemasaran Cetakan Kelima, Yogyakarta : Andy

Yunita & Yuniawan, 2006, Analisis Pengaruh Kesadaran Merek Persepsi Kualitas dan Loyalitas Merek Terhadap Nilai Pelanggan Mobil Toyota, Halaman 1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dipenogoro, Semarang

Yunita Titi Susanti, “Urgensi Manajemen Citra Perusahaan Dalam Sistem Pemasaran strategis, “djangka.org/2012/04/03/urgensi-manajemen-citraperusahaan-dalam-sistem-pemasaranstrategis/, diakses 31 Januari 2017

https://www.coursehero.com/file/p761c76/Menurut-Consuegra-2007-178 mengukur-kepuasan-kkonsumen-dapat-melalui-3-dimensi/ (diakses 29 Januari 2017 13.30)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i3.1608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com