Pengaruh brand equity dan consumer loyalty terhadap repurchase intention

Jenny Marini, Suharno Suharno, Muhammad Wasil

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel brand equity dan consumer loyalty beserta indikatornya terhadap repurchase intention pada Sogo Departement Store di Bigmall Samarinda. Dasar teori yang digunakan adalah Manajemen Pemasaran dengan menggunakan alat analisis Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka kesimpulan penelitian ini adalah: Dari hasil analisis diketahui bahwa fungsi regresi linear berganda adalah Y = 0,870  + 0,283 X1 + 0,515 X2. Hasil analisis yang diperoleh yaitu menunjukkan variabel independen mempunyai nilai positif, yaitu variabel brand equity (X1) dan consumer loyalty (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap repurchase intention (Y). Dan menurut hasil T tabel bahwa variabel brand equity (X1) memiliki pengaruh positif  signifikan  terhadap repurchase intention (Y), dan menurut variabel consumer loyalty (X2) memiliki pengaruh positif yang signifikan  terhadap repurchase intention (Y). Pada penelitian Pengaruh Brand Equity dan Consumer Loyalty terhadap Repurchase Intention pada Sogo Departement Store di Bigmall Samarinda, ada satu hipotesis yang penulis ajukan, yaitu hipotesis dapat diterima dan terbukti secara statistik


Keywords


Brand equity, consumer loyalty, dan repurchase intention

References


Aggarwal, Saurabh. 2008. Brand Management. New Delhi: Global India Publications PVT LTD.

Annette Wulansari. 2013. Pengaruh Brand Trust dan Perceived Quality terhadap Keputusan Pembelian Ulang, Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 1 Nomor 2, 2 maret, p.388-401.

Cooper, Donald R dan Sehindler, Pamela S. 2006. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Media Global Edukasi.

E. Knapp, Duane. 2001. The Brand Mindset. Terjemahan Sisnuhadi Edisi 1. Yogyakarta:ANDI.

Eva Belopa Monica. 2015. Hubungan Kepercayaan Merek dan Persepsi Kualitas dengan Minat Beli Ulang Produk Kecantikan Silver International Clinic Balikpapan. Ejournal Psikologi, Vol.3 No.3 ,2015:659-671.

Ferdinand DBA, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5. Diponegoro: Universitas Dipenogoro Press.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi analisis multi Variate Dengan Program SPSS Cetakan keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

_____________2011. Ekonometrika. Cetakan Kedua. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang : UNDIP.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty. Terjemahan Wisnu C.Kristiaji. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Hawkins, Del I. 2007. Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. New York: Irwin McGraw-Hill.

Hurriyati, Ratih. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Kosumen. Bandung: Alfabeta.

Kitchathorn, Parawee. Factor Influencing Customer Repurchase Intention:An Investigation of Switching Barriers that Influence the Relationship between Satisfaction and Repurchase Intention in the Low Cost airlines Industry in Thailand. School of Business Administration (DBA), University of South Australia, Australia.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2006. Marketing Management, Pearson International Edition. New Jersey: Printice Hall. Englewood

_______________________________2012. Marketing Management 14. New Jersey: Pearson Education.

Luh Kadek Budi Martini. Relanship Marketing, Customer Satisfaction, Customer Commitment dan Customer Loyalty (STUDI PADA SEBUAH BANK NASIONAL DI DENPASAR). Vol.18 No.1,Febuari 2013.

Rangkuti, Freddy. 2002. The Power Of Brands. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2002.

______________2003. Marketing Strategic. Yogyakarta: Penerbit Tugu Publisher.

Ria Darmasari. 2014. Pengaruh Brand Equity Dalam Membentuk Lifestyle dan Customer Value pada Pengguna Merek Smartphone diKota Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis. Vol. VI No. 2 Mei 2014.

Septi Kurnia Prastiwi. Menguji Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Repurchase Intention pada Produk Mie Instan Indomie diYogyakarta. Jurnal EKA CIDA, Vol. 1 No. 1 Maret 2016.

Simamora, Bilson. 2002. Aura Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama,2003.

_________________2004. Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_________2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitas dan R&D, cetakan kesembilan. Bandung: CV Alfabete.

__________2013. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-17. Bandung : Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PT Buku Seru, 2014.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2015.Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2000.

(hhtps://id.m.wikipedia.org/wiki/Mitra_Adiperkasa) diakses oleh penulis tanggal 17 November 2016.

(hhtps://www.skyscrapercity.com/showtrread.php?t=1536204&page=137) diakses penulis tanggal 20 November 2016.

(hhtps;//keuanganinvestasi.blogspot.co.id/2016/06/sogo-department-store-targetkan.html?m=1) diakses penulis tanggal 20 November 2016.

(hhtp://dokumen.tips/document/teori-repurchase-intention.htm) diakses penulis tanggal 27 November 2016

(hhtp://junaidichaniago.wordpress.com)

tanggal 18 April 2017.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i3.1599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com